Ashley Hotel Jakarta Dalam Semarak BloggerDay 2018 Bersama BloggerCrony

Pernah nggak sih kalian menginap di sebuah Hotel Bisnis? Kalian tahu nggak, Hotel Bisnis itu apa? 

Selama aku ke suatu tempat dan menginap di sebuah hotel, sebenarnya sih nggak melihat jenis hotelnya ya, yang aku lihat paling utama itu fasilitas dan harganya. Tentunya yang sesuai dengan budget yang aku punya. Tapi semenjak aku singgah untuk pertama kalinya di  Ashley Hotel Jakarta, aku merasa takjub dan baru tahu kalau Hotel Ashley ini merupakan jenis Hotel Bisnis. Lokasinya yang strategis di tengah kota dan berada di area/kawasan bisnis yang memang diperuntukkan bagi tamu yang akan melakukan kegiatan bisnis atau usaha. 

Sebagai lulusan arsitektur, beruntungnya dulu pernah ada mata kuliah yang menjelaskan tentang jenis-jenis hotel. Karena hotel merupakan salah satu bangunan yang bisa kita desain sesuai dengan data dan analisa serta konsep apa yang akan digunakan. Konsep tersebut harus tepat dan realistis berdasarkan data dan analisa yang ada sehingga hotel yang didesain nantinya memiliki benefit baik bagi pemilik hotel maupun bagi para tamu. Baru setelah itu bisa ditransformasikan ke dalam bentuk sebuah bangunan seperti hotel sebagai out put nya. 

Berdasarkan jenis atau tipe tamu yang berkunjung, jenis hotel dibagi menjadi: 

1. Family Hotel adalah sebuah hotel dimana tipe tamu yang menginap sebagian besar terdiri dari keluarga yaitu ayah, ibu, anak, kakek, nenek, saudara dan lainnya. 

2. Business Hotel dalah sebuah hotel dimana tipe tamunya adalah orang-orang yang sedang melakukan kegiatan bisnis atau usaha. Biasanya lokasi bisnis atau usahanya dekat dengan lokasi hotel tersebut. 

3. Transit Hotel adalah sebuah hotel dimana para tamunya yang menginap di hotel tersebut adalah orang-orang yang akan melanjutkan perjalanan yang cukup jauh. Misalnya hotel yang berada di kawasan bandara, stasiun kereta api maupun terminal bus. Biasanya hotel jenis ini digunakan oleh para tamu sebagai tempat persinggahan sementara saat melakukan perjalanan. 

4. Tourist Hotel adalah hotel yang sebagian besar tamunya adalah para wisatawan. Biasanya lokasi hotel ini berada di tempat-tempat wisata. 

5. Cure Hotel adalah hotel dimana para tamunya sebagian besar adalah menginap hanya untuk tujuan melakukan pengobatan. 



Sekarang sudah tahun kan beberapa jenis hotel sesuai dengan tamunya. Nah, berdasarkan data diatas, sudah jelas bahwa Hotel Ashley sendiri merupakan hotel yang masuk kedalam kategori Hotel Bisnis. Hal tersebut sesuai dengan lokasinya yang terletak di kawasan bisnis. Sebagian besar tamunya adalah orang yang akan melakukan bisnis/usaha, termasuk juga malakukan meeting atau seminar bisnis. 

TENTANG HOTEL ASHLEY 

LOKASI HOTEL ASHLEY 

Gedung tinggi Ashley Hotel Jakarta (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

Ashley Hotel Jakarta adalah salah satu Hotel Bisnis yang ada di pusat kota Jakarta. Hotel di jalan Wahid Hasyim Jakarta Pusat ini menjadi hotel yang banyak dicari oleh para tamu yang umumnya adalah para pebisnis/pengusaha. Alamat jelasnya adalah Jl. KH. Wahid Hasyim No.73-75, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350. Lokasi yang strategis menjadi andalan bahwa Hotel ini mampu menarik pengunjung dalam jumlah banyak terutama di waktu weekday. Di waktu weekend pun hotel Ashley tetap menjadi hotel favorit pilihan pengunjung. Hotel Ashley terletak di pinggir jalan dan mudah sekali dijangkau. Lokasi Hotel Ashley dikelilingi oleh distrik kantor pemerintahan, Gedung Kedutaan Besar, pusat perbelanjaan serta museum bersejarah. Untuk mencapai ke lokasi lainnya dari Hotel Ashley ini sangat mudah dan hanya butuh waktu beberapa menit saja misalnya akan menuju ke Monumen Nasional (Monas), pusat perbeanjaan terkemuka seperti Grand Indonesia Shopping Town dan Plaza Indonesia yang berdekatan dengan Bundaran Hotel Indonesia. Hotel Ashley juga berdekatan dengan area kuliner jalanan di Jakarta yang otentik yaitu Jalan Sabang dan Jalan Kebon Kacang. 

RUANGAN DI HOTEL ASHLEY 

Sebenarnya Hotel Ashley telah beroperasi sejak bulan November 2016. Hotel Ashley telah menyatakan bahwa dirinya merupakan hotel yang memiliki jumlah kamar dan ruang meeting terbanyak di kawasan Wahid Hasyim Menteng Jakarta. Hal ini terlihat dari jumlah kamar sebanyak 186 kamar, 11 meeting room serta memiliki sebuah Ballroom dimana Ballroom tersebut mampu menampung peserta hingga mencapai 500 orang yang akan dilaunching pada Bulan juni 2018 nanti.
Sign nama Hotel di dekat pintu masuk (doc: pribadi)

Menurut Mazlina Ramli yang merupakan Corporate Director of Sales & Marketing Prima Hotel Indonesia, dibawah naungan Manajemen Prima Hotel Indonesia, menyatakan bahwa dengan terdapatnya jumlah kamar yang banyak serta meeting room dengan beragam ukuran di Hotel Ashley, diharapkan hotel ini mejadi solusi bagi para pebisnis yang bekerja maupun para traveller yang akan berlibur dengan jangkauan lokasi yang mudah serta strategis. Selain Hotel Ashley, hotel lainnya yang juga berada di bawah naungan Prima Hotel Indonesia adalah Hotel Juno dan Yellow Bee. 

Bangunan Hotel Ashley dengan desain kontemporer modern dan menjadi sejenis Butik Hotel ini terlihat begitu elegan. Terutama di malam hari dengan sinaran dari lampu yang menyoroti gedung. Sebelum masuk ke area hotel, di bagian depan hotel sudah ada sign nama Hotel yang bertuliskan ASHLEY dengan huruf capital berwarna emas dan putih. Dipercantik dengan rerumputan hijau yang terhampar. Di area ini kita bisa berfoto-foto lo. Mau numpang foto saat melewati hotel ini juga keren sekali.

Sign nama hotel (doc: pribadi)
Kemudian di pintu masuk lobby terdapat pintu kaca transparan yang besar. Saat kita membukanya langsung terdapat lobby dengan  ruangan resepsionis, dimana kita bisa menanyakan informasi apapun termasuk juga pemesanan room dan meeting room. Ruang resepsionis ini memiliki hall yang sangat luas, di sebelah kanan dan kiri ruangan terdapat sofa-sofa cantik minimalis modern yang memang diperuntukkan untuk para tamu hotel misalnya untuk menunggu sambil membaca koran ataupun majalah yang sudah disediakan. Diwarnai juga dengan vas-vas bunga yang cantik sebagai penambah keindahan. Furniture dan interior ruangan bernuangan dominan coklat dan putih dengan perabotan yangsalah satunya terbuat dari kayu. Nuansa ini terlihat lebih elegan dan mewah. Di area lobby dikelilingi oleh dinding kaca transparan sehingga para tamu di dalam masih bisa melihat pemandangan di luar gedung. Adanya dinding kaca ini mengesankan ruangan lebih luas. Ruangan yang ada disini bisa juga lo dijadikan sebagai lokasi foto-foto yang instagramable. Saat kita berada di dalam Hotel Ashley ini langsung tercium bau yang sangat wangi yaitu keharuman dari lemon grass yang diletakkan di dalam sebuah mangkok kecil dengan pencahayaan lilin. Inilah salah satu ciri khas Hotel Ashley. Keharuman lemon grass yang membuat suasana hotel makin romantis. 

Lobby hotel Ashley (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

Ruang Resepsionis Hotel Ashley (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

Ruang resepsionis memang terletak di tengah lobby, baru di kanan kirinya terdapat lorong jalan yang akan mengarahkan para tamu menuju ke Meeting Room maupun ke Room. Di lorong sebelah kanan kita bisa menuju ke ruang Meeting Room yaitu Downing Room. Disini juga disediakan toilet yang bersih. Sepanjang lorong ini terdapat rak kayu yang minimalis dengan beragam pajangan cantik yang berestetika. 

 Tampak Atas Lobby Hotel (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

Di lorong sebelah kiri ruang resepsionis, langsung kita bisa menemukan sebuah Dining Room yang dinamai dengan Adele Room. Ruang Dining Room sangat luas sekali. Kursi dan meja yang disediakan cukup banyak dan bisa memuat banyak orang. Uniknya di ruangan ini terdapat Kitchen Room dengan partisi kaca yang transparan, sehingga para tamu bisa melihat langsung para chef memasak dengan kehebatan mereka menghasilkan makanan yang enak dan sedap. Tak hanya itu, di sekeliling ruang Adele Dining Room juga terdapat rak-rak kayu dengan pajangan-pajangan yang unik, cantik-cantik dan berestetika. Para tamu dimajakan dengan pandangan mata dengan benda-benda yang indah-indah sehingga selain menikmati makanan dan minuman yang disajikan, mereka juga bisa menikmati indahnya pajangan-pajangan yang tersedia. Para tamu bisa sesekali berjalan mengitari ruangan sambil menikmati dan mengamati pajangan yang ada serta bisa melakukan foto-foto yang instagramable. 

Dining Room ini diberi nama Adele, karena ketika kita masuk ke ruangan ini maka kita akan disambut dengan lagu-lagu Adele. Duh jadi semakin romantis sekali ya, apalagi kalau makannya sedang berduaan dengan suami. Seakan dunia milik berdua deh.

Adele Dining Room (doc: pribadi)

Ruang makan di Adele Dining Room (doc: pribadi)

Ruang makan di Adele Dining Room (doc: pribadi)

Kitchen Room Adele Dining Room (doc: pribadi)
Bagi para muslim yang akan melakukan sholat, jangan khawatir, karena sudah disediakan musholla berukuran sedang yang lokasinya berada di samping Adele Dining Room dan juga Downing Room. Di musholla ini juga sudah disediakan sajadah, sarung, mukena dan juga sandal untuk berwudhu. 

Musholla (doc: pribadi)

Lalu kita menuju ruang selanjutnya yaitu dari arah Adele Dining Room kita bisa menuju ruang di belakangnya yang juga merupakan Dining Room. Hanya saja Dining Room yang ini tempatnya agak terbuka yang dilengkapi dengan tanaman-tanaman cantik tetapi lokasinya masih di dalam gedung. Kemudian kita menuju lagi ke bagian belakang yaitu terdapat sebuah Bar Room yang cantik, modern minimalis dengan penataan yang rapi dan elegan. Disini kita bisa melakukan pemesanan makanan kecil dan minuman-minuman ringan. Cukup luas sih ya Bar Roomnya. Bar Room ini dekat dengan Meeting Room yang diberi nama Downing. Ditambah fasilitas toilet dan juga kursi dan meja kayu panjang yang berada di ruang paling pojok di belakang ruang Downing. Disini kita bisa duduk-duduk dan bersantai ria sambil mengobrol dengan teman atau keluarga. Ini adalah fasilitas yang keren banget untuk ukuran sebuah Hotel Bisnis. Mau berfoto-foto ria pun diperbolehkan di area ini lo. Sangat instagramable banget deh pokoknya.

Ruang duduk di dekat Downing  Room (doc: pribadi)


Untuk lebih jelasnya, dengan mengedepankan istilah Broadband, Bed and Breakfast berikut adalah ruang-ruang yang berada di Hotel Ashley, diantaranya yaitu: 

1. Room 

Room merupakan ruang kamar tidur yang terdapat di Hotel Ashley. Jumlah kamar tidur yang ada yaitu sebanyak 186 kamar dengan beragam tipe. Seluruh rancangan kamar di hotel Ashley sudah dilengkapi dengan smart LED TV 40”, akses internet super cepat di seluruh area, mini-bar, coffee & tea maker, exclusive amenities, tempat tidur berstandar Internasional dengan kenyamanan dari King Koil, termasuk juga kecanggihan audio dari JBL Horizon. Berikut adalah tipe-tipe room di hotel Ashley 

a. Deluxe Room. 


Deluxe Room memiliki 2 tipe yaitu Deluxe Twin dan Deluxe King. Untuk Deluxe Twin dengan ukuran kamar 24 m². Di ruang tidur ini kita pun bisa meregangkan tubuh dan beristirahat dengan nyaman. Ruangan kamar dengan 2 buah tempat tidur berukuran single/twin bed bisa dijadikan alternatif pilihan kamar sesuai dengan kebutuhan. Jumlah kamar Deluxe Twin Room yaitu sebanyak 94 Kamar dan sudah dilengkapi dengan Akses Internet Kecepatan Tinggi (HSIA). 

Deluxe Room (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

Bathroom di Deluxe Room (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)


Untuk Deluxe King Room berukuran 22 m² dengan ukuran tempat tidur double/queen bed. Fasilitas yang tersedia di kamar jenis ini adalah seprai segar dan shower air panas dengan handuk putih halus yang akan menyegarkan hari anda. Jumlah kamar Deluxe King ini sebanyak 30 kamar dan sudah dilengkapi dengan Akses Internet Berkecepatan Tinggi (HSIA). 

b. Superior Room 

Superior Room  (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

 Bathroom di Superior Room (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)


Superior Room memiliki luas kamar yaitu 20 m² dan total jumlah kamarnya yaitu sebanyak 30 kamar. Dengan ukuran kamar yang standard dan ukuran bed yaitu double/queen bed, dipastikan membuat kenyaman para tamu untuk menginap. Dilengkapi dengan shower air panas yang menyegarkan serta dilengkapi dengan Akses Internet Berkecepatan Tinggi (HSIA). 

c. Executive Room 

Executive Room  (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

Executive Room memiliki ukuran kamar 26 m² sebanyak 30 kamar. Sedangkan untuk ukuran bednya yaitu double/queen bed yang cocok untuk kebutuhan kita. Executive Room ini dilengkapi dengan portable home speaker dari JBL Horizon dimana kita bisa mendengarkan lagu-lagu kesayangan selama menginap disini. Semua kamar Executive Room dilengkapi dengan Akses Internet Berkecepatan Tinggi (HSIA). 

d. Ashley Suite Room 


Ashley Suite Room  (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

Ashley Suite Room (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

Bathroom di Ashley Suite Rom  (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)


Ashley Suite Room memiliki ukuran ruangan sebesar 32 m² dengan jumlah kamar sebanyak 2 kamar saja. Ukuran bed yang disediakan adalah ukuran twin bed. Dengan ukuran kamar yang luas kita bisa memanjakan diri. Dilengkapi shower dengan partisi jendela kaca dan bak kamar mandi dengan sentuhan marmer. Ashley Suite Room dilengkapi dengan Akses Internet Berkecepatan Tinggi (HSIA). 

2. Meeting Room 

Meeting Room ini memiliki sistem break-out room disertai kecanggihan teknologi yang dirancang didalamnya, sehingga menjadikan ruang meeting ini dapat disesuaikan dengan beragam event dan kebutuhan baik itu presentasi bisnis, seminar, maupun social event. 

Terdiri dari 10 ruang Downing yaitu: 

a. Downing 1 ini diakomodasikan untuk 20 orang saja. Ukuran ruang 4x 6 m. Meeting room jenis ini cocok digunakan untuk diskusi pribadi maupun sesi brainstorming.

Downing 1 /Meeting Room (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

b. Downing 2 ini memiliki ukuran ruang yaitu 8 x6 m.

Downing 2 (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)


c. Downing 3 juga memiliki ukuran ruang sebesar 8 x 6 m.

Downing 3 (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

d. Downing 4 memiliki ukuran ruang 8 x 5 m.

Downing 4 (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

e. Downing 5 memiliki ukuran ruang 8 x 5 m.

Downing 5 (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

f. Downing 6 memiliki ukuran ruang 8 x 6 m.

Downing 6 (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

g. Downing 7 memiliki ukuran ruang 8 x 6 m.

Downing 7 (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

h. Downing 8 memiliki ukuran ruang 4 x 4 m. Meeting Room ini berkapasitas hanya untuk 10 orang. Ruangan ini cocok digunakan untuk diskusi pribadi maupun sesi brainstorming.

Downing 8 (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

i. Downing 9 memiliki ukuran ruang 5 x 4 m. Meeting Room ini berkapasitas hanya untuk 10 orang dalam satu meja bundar besar dan dilengkapi dengan proyektor AV dan layar.

Downing 9 (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)

j. Downing 10 memiliki ukuran ruang 12 x 12 m. Meeting Room ini diakomodasikan untuk menampung 100 orang. Dilengkapi dengan proyektor AV dan layar besar.

Downing 10  (sumber: http://www.ashleyindonesia.com)


3. Dining Room.

Doining Room (doc: pribadi)


Dining Room merupakan ruang makan yang luas, berkonsep modern kontemporer yang akan membuat betah para tamunya saat melakukan santapannya. Ruangan ini dibuka mulai pukul 06.00-22.00 WIB dan menyediakan makanan minuman untuk breakfast, lunch dan juga dinner. Menu makanan yang disajikan adalah makanan homecook dari seluruh dunia. Menu-menu tersebut adalah menu culinary88 terbaik dari perjalanan para chefnya. Menu-menunya adalah makanan Indonesia, makanan Asian, dan makanan western, termasuk juga salad dan sandwich. Juga terdapat beverages dengan beragam jenis yang bisa kita pilih sesuai dengan selera. Selin itu juga melayani buffet breakfast dan ala-carte. 

4. Fasilitas 

Fasilitas yang disediakan oleh hotel Ashley sangat lengkap diantaranya yaitu: 

a. White laundry 
b. Free wifi streaming movie in All Area tanpa menggunakan password. 
c. Download musik dengan kecepatan internet yang high speed 
d. SOHO Gym 
e. Meeting Rooms 
f. 24 hours Reception and Security 
g. E-Corner at Lobby Area 
h. ADELE Restaurant 
i. Taxi or reserved transportation 


5. Interior dan eksterior 

Baik interior maupun eksterior di Hotel Ashley ini memiliki gaya modern kontemporer yang menjadi ciri khasnya. Furniturnya yang minimalis modern disertai dengan tatanan ruang yang membuat suasana romantis dan nyaman bagi para tamu yang datang maupun yang akan menginap. Interior ruang kamar pun bersih, nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas yang memanjakan para tamu yang menginap 

Nah, untuk lebih jelasnya lagi dalam pemesanan kamar bisa langsung datang ke hotel Ashley, atau menelepon nomor hotel yang tertera di bawah ini. Bisa juga langsung menuju Untuk informasi dan pemesanan kamar websitenya di www.ashleyindonesia.com.


ASHLEY HOTEL JAKARTA 

Jl. KH. Wahid Hasyim No. 73-75. Menteng 
Jakarta Pusat, Indonesia 10340 
t. +62 21 - 3100 355 
f. +62 21 – 3100 399 
e. reservation@ashleyindonesia.com 




TENTANG BLOGGERDAY 2018 OLEH BLOGGER CRONY 

Ini untuk pertama kalinya aku berkunjung ke Hotel Ashley tapi bukan untuk menginap melainkan untuk menghadiri acara BloggerDay 2018. BloggerDay 2018 di Ashley Hotel Jakarta yang diadakan oleh BloggerCrony dalam rangka BloggerCrony Community 3rd Anniversary. Alhamdulilah aku terpilih sebagai peserta. Ini adalah kali kedua aku mengikuti Bloggerday dari BloggerCrony. Sejujurnya saat aku mendapatkan susunan acara yang dikirim lewat email aku merasa bingung nih memakai dress code apa. Karena nantinya akan ada penilaian untuk dress code terbaik. Aku tuh bolak balik ngeluarin dress dari lemari dan akhirnya dipakailah dress hitam biru seperti yang ada di foto. Untuk tampil lebih cantik aku memakai sepatu fantovel. Tapi sayang selama perjalanan kakiku menjadi lecet gara-gara sepatu yang kupakai. Ternyata sepatu ini tidak cocok dipakai berjalan jauh naik busway. Tapi antusias untuk mengikuti Bloggerday kali ini sangat besar sekali. 

Perjalanan dari utara Jakarta menuju Hotel Ashley yang terletak di jalan Wahid Hasyim memang aku tempuh dengan menggiunakan busway. Aku turun di halte busway Tosari lalu jalan kaki sekitar 500 meter menuju Hotel Ashley. Sesampainya di Hotel Ashley lalu aku menuju ke Downing Room yang ukurannya cukup luas menampung para peserta Bloggerday 2018. Ruang Downing ini merupakan ruang yang memang diperuntukkan untuk meeting maupun mengadakan seminar dan workshop. Sebelum masuk ke dalam ruang Downing 10 terlebih dahulu aku melakukan registrasi ulang sebagai peserta. Kebetulan ketika aku datang peserta yang datang masih sangat sedikit sekali sehingga aku masih bisa berkesempatan untuk mengobrol dengan para peserta lainnya dan melakukan photobooth di tempat yang disediakan.

Downing 10 tempat acara BloggerDay 2018 (sumber: FB BloggerCrony)



PHOTOBOOTH BY ALFA KREASI 

Mengenai photobooth ini, temanya sesuai dengan logo warna yang digunakan oleh komunitas BloggerCrony yaitu dominan hijau. Photobooth yang merupakan kreasi dari Photobooth Alfa Kreasi ini sangat indah dan manis. Photoboothnya diwarnai dengan dedaunan hijau yang dipasang sebagai background dan juga sebagai hiasan. Ditambah dengan pemanis cahaya dari lilin-lilin yang agak redup sehingga terasa suasana romantisnya. Sedangkan background di bagian tengahnya dipasang logo BloggerCrony. Alas lantainya juga berwarna hijau dengan motif rumput. Aku senang sekali berfoto-foto disini. Rasanya ingin mengambil banyak gaya di photobooth kali ini supaya bisa menjadi pemenang kontes photobooth ataupun sebagai pemanis foto di instagram. Hehehe.


Photobooth by Alfa Kreasi (doc: pribadi)

Setelah foto-foto aku mengambil sarapan roti yang sudah disediakan di bagian depan ruangan Downing. Kali ini untuk sarapan roti pastrinya dipersembahkan oleh Anns Bakehouse. Untuk pastri ini ukurannya cukup besar dengan dua rasa yaitu rasa coklat dan rasa almond. Kalau diperbolehkan sih aku mau ambil dua-duanya. Hanya saja kasihan nanti yang lain tidak kebagian. Akhirnya aku ambil yang rasa almond. Rasanya enak sekali. Kalau dimakan tidak terasa kempes atau kosong bagian dalamnya. Dengan ukuran yang cukup besar sehingga cukup membuat aku kenyang. Disediakan juga minuman aqua dan kopi serta teh. Setelah semua peserta sarapan roti pastri, lalu akhirnya acara dimulai. Host acara atau MC nya adalah Yosh Aditya yang merupakan MC kocak dan lucu. Sepanjang acara ada saja banyolannya yang membuat kami para peserta tidak bisa berhenti untuk tertawa.

Roti Pastri by Anns Bakehouse (doc; Pribadi)

MC BloggerDay 2018 (doc: pribadi)



SESI SAMBUTAN BLOGGERDAY 2018 

Menjelang pukul 10.00 Wib para peserta sudah mulai banyak berdatangan. Aku langsung mengambil posisi duduk di bagian depan supaya lebih jelas pastinya. Akhirnya acara blogger segera dimulai. Pertama kali adalah sambutan dari ketua Bloggerday 2018 yaitu mbak Yayat yang cantik dan imut-imut penggemar Rossi. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan para panitia Bloggerday 2018 yaitu Mas Satto Raji,  Mbak Wardah Fajri, Mbak Zata Ligaw, Mbak Suci Santi, Mas Akbar Muhibar, Mas Fawwaz, dan Mbak Clara Agustin.  Mereka adalah panitia yang kompak dan keren banget. 


Selanjutnya ada sambutan dari pihak sponsor Hotel Ashley yaitu mas Fawzan Azima. Beliau adalah manajer marketing di Hotel Ashley. Di dalam sambutannya beliau menjelaskan dan memaparkan mengenai Hotel Ashley. Mulai dari lokasi hotel, macam ruangan yang ada di hotel, fasilitas hotel dan lainnya. 

Mas Fawzan (doc: pribadi)

Setelah sesi dengan Mas Fawzan selesai, acara berikutnya yaitu sesi BCC BloggerPreneur, dimana para peserta BloggerDay menjadi salah satu peserta yang memiliki usaha sendiri. Diantaranya yaitu: Intan Rosmadewi, Lygia Pecanduhujan, Dewi Nuryanti, Uchy Sudhanto, Eryani Kusuma Ningrum, Jun Joe Winanto, Waya Komala, dan Ruth Indah K.
Peserta BloggerPreneur 2018 (doc: FB BloggerCrony)

Peserta BloggerPreneur 2018 (doc: FB BloggerCrony)


Di dalam sesi BCC BloggerPreneur ini para peserta memperkenalkan dirinya masing-masing beserta produk yang telah dihasilkannya. Ternyata mereka hebat-hebat ya. Sebenarnya aku tadinya mau ikutan juga menjadi salah satu peserta BloggerPreneur dengan menampilkan produk handmadeku yaitu Hand Bouquet Pita. Sayang sekali waktunya mepet untuk membuatnya karena aku tidak mempunyai produk yang sudah ready karena rata-rata para pemesanan memesan produkku secara kustom. Tapi tak apalah mudah-mudahan ada kesempatan lain untuk memperkenalkan produk handmadeku ini. 

Lebih serunya lagi ada sesi lucky draw dimana ada pengocokan nomor berdasarkan absen saat registrasi. Hadiahnya banyak sekali dan kebanyakan berasal dari hasil karya para peserta BloggerPreneur, termasuk juga dari produk sponsor seperti Markamarie, Rejuve Skin Lab dan Sandeeva Spa & Reflexology. Sayang sekali aku belum mendapatkan satu pun lucky draw yang ada. Kebetulan aku mendapatkan keberuntungan yaitu sebagai salah satu dari 20 peserta yang datang lebih awal. Hadiah yang diberikan adalah voucher Sandeeva Spa & Reflexology. Asyik nih bisa bermanja-manja ria dulu di tempat spa. Kemudian keseruan lainnya yaitu bagi peserta yang di sisi samping kursinya terdapat tempelan tulisan BloggerDay 2018 maka dia adalah yang beruntung mendapatkan hadiah lucky draw. Lagi-lagi aku belum beruntung nih. Keseruan pembagian hadiah tidak cukup sampai disini. Bahkan sampai dengan acara selesai tetap dilakukan pengundian untuk lucky draw. 


SESI WORKSHOP BY TUHU NUGRAHA 

Tepat pukul 11.00 WIB sesi dilanjutkan dengan sesi Workshop Digital Influencer dengan tema Fenomena & Strategi Kreatif yang menekankan pada topik transformasi digital dan digital influencer. Workshop ini dibawakan oleh Mas Tuhu Nugraha yang merupakan praktisi digital perwakilan dari Indosat Ooredoo. 

Mas Tutu Nugraha (doc: pribadi)

Dalam workshop ini mas Tuhu banyak sekali menerangkan bahwa menjadi seorang influencer itu harus memiliki strategi yang kreatif dan inovatif serta mengikuti jaman sehingga nantinya tetap bertahan di tengah persaingan yang serba ketat. Para digital influencer adalah orang-orang yang bekerja untuk mempengaruhi orang lain dan memperkenalkan sebuah brand kepada masyarakat di era digital melalui media digital pula. 

Berikut adalah beberapa poin yang menjadi titik utama dari materi yang disampaikan oleh mas Tuhu, yaitu: 

a. Transformasi digital merupakan topik yang hangat sehingga beberapa industri menyadari pentingnya melakukan transformasi digital. Saat ini Industri yang paling getol melakukan transformasi di Indonesia adalah industri telekomunikasi dan finansial yang dampaknya sangat besar dalam digitalisasi. 

b. Contoh industri komunikasi yang ikut terpengaruh adalah Indosat Ooredoo. Tuhu Nugraha sebagai Digital Strategy & Trainer banyak memberikan training inhouse kepada tim Indosat Ooredoo sehingga banyak terlihat perubahan yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo. 

c. Perubahan pertama adalah lay out ruangan yang bersuasana seperti kantor rintisan digital dengan memperbanyak ruang terbuka untuk diskusi dan kolaborasi. Selain itu ada ruang kerja individu yang diciptakan dengan suasana rileks. Dengan desain ruangan seperti itu, diharapkan mereka bisa berkolaborasi dengan suasana santai, sehingga bisa mencetuskan inovasi baru bagi perusahaan. Perubahan kedua yaitu menyediakan kindle dan akses ke jurnal-jurnal via online secara gratis bagi karyawan ntuk menambah pengetahuan baru. Perubahan ketiga adalah sistem training internal untuk karyawan tidak lagi diwajibkan, tapi atas kesadaran sendiri. Hal tersebut dirancang oleh Indosat Ooredoo dimaksudakan agar karyawannya bisa membuat gebrakan dan inovasi baru 

d. Penggunaaan telekomunikasi tak lagi hanya untuk telepon atau paket data internet, tetapi akan hadir Internet of Thing (IoT) yaitu sebuah era di mana semua peralatan yang kita punyai akan terkoneksi langsung dengan internet dengan mengendalikannya lewat gawai yang kita punya. 

e. Adanya konsep smart city mendukung hal tersebut, dimana kota tersebut akan terkoneksi dengan data di internet, sehingga sistem transportasi, sistem pengelolaan air, administrasi pemerintahan, sistem di sekolah, layanan kesehatan dan lainnya akan dengan mudah teranalisa melalui internet. Selama ini kita hanya tahu bahwa hal tersut hanya ada di film fiksi ilmiah. Padahal sebenarnya segala sesuatu dari film fiksi ilmiah bisa diimplementasikan. Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi yang visioner, dan inovatif sangat mendukung hal itu. 

Pada sesi ini para peserta diperbolehkan memberikan pertanyaan yang akan dijawab oleh Mas Tuhu. Selain itu juga ada live tweet yang akan dikompetisikan antar peserta. Hashtag yang digunakan pada live tweet adalah #indonesiadigitalnation dan memention @im3ooredoo. Pemenangnya akan diumumkan setelah sesi dengan mas Tuhu selesai. Sayang sekali untuk live tweet kali ini saya kurang beruntung karena sudah berkali-kali ngetweet tapi sinyal kurang mendukung akhirnya semua tweetku pending. Tak apalah namanya saja seseruan bukan. Bagi para pemenang akan mendapatkan hadiah voucher belanja. 

SESI ISHOMA 

Waktu sudah menunjukkan jam 12.30 WIB dan kami para peserta diperkenankan untuk istirahat yaitu makan siang, sholat dan free time. Saat istirahat para peserta tidak perlu keluar ruangan karena akan dibagikan menu makan siang berupa Lunch box Tumpeng Ayu Dapur Solo yang sudah disajikan dalam box plastik. Para peserta bisa makan di dalam ruangan dengan snatai. Ada juga yang makan sambil lesehan di lantai menikmati enaknya sajian makan siang ini. Tumpeng Ayu ini lauknya banyak sekali seperti orek tempe, orek telor, serundeng, dan lainnya. Sajiannya dibuat mini sehingga cukup membuat kita kenyang. Istimewanya adalah Tumpeng Ayu ini tidak akan tumpah meskipun dibalik. Keren bukan? Nah berhubung nantinya akan ada lomba posting Tumpeng Ayu di Instagram. Maka kami para peserta berbondong-bondong memotret Tumpeng Ayu milik masing masing. Seru melihat keseruan para peserta melakukan pemotretan Tumpeng Ayu. Aku pun ikut juga keriuhan ini.

Tumpeng Ayu Dapur Solo (doc: pribadi)


Setelah selesai makan aku lalu melaksanakan Shalat Dhuhur di musholla yang letaknya di samping ruang Downing. Selesai shalat dan sebelum acara dimulai aku dan para peserta lainnya melakukan sesi pemotretan di setiap sudut hotel. Menurutku setiap sudut Hotel Ashley ini benar-benar nyaman, bersih dan mengasyikkan. Banyak sekali spot-spot cantik yang instagramable sebagai background. Aku pun tak mau kalah dong dengan peserta lainnya. 

Eh, kebutulan juga ada sebuah spot di depan pintu musholla yaitu spot dimana kita bisa berfoto dengan poster Pevita Pearce yang disponsori oleh Pegi-Pegi. Yah, siapa tahu aku bisa menjadi salah satu pemenangnya bukan? Amin. 


SESI WORKSHOP BY ANWARI 

Akhirnya jam menunjukkan pukul 13.30 WIB. Semua peserta masuk kembali ke ruang Downing 10 untuk mengikuti sesi selanjutnya yaitu sesi Workshop Creative Writing Mind Mapping dimana pembicaranya adalah mas Anwari Natari. Di sesi ini justru keseruan makin terasa. Pembawaan mas Anwari yang lucu dalam menyampaikan materi membuat aku dan para peserta lainnya tertawa terpingkal-pingkal. Sampai tak terasa gara-gara ketawa ngakak membuat perutku kesakitan.

Mas Anwai Natari (doc: pribadi)

Materi yang dibawakan oleh Mas Anwari yaitu bagaimana memetakan konsep dalam menulis sehingga menjadi lebih kreatif. Di sesi ini ada permainannya yaitu semua peserta diminta untuk membuat mind mapping untuk sebuah tulisan yang akan dibuat. Maka dari itu, kami diminta untuk membawa spidol warna atau pensil warna. Tujuan dari penggunaan spidol dan pensil warna ini supaya konsep mind mapping yang kita buat dibentuk menjadi tulisan yang berwarna dan bergambar. Sehingga bisa dibedakan antara tulisan dan kita bisa mengingatnya. Untuk kertas sudah disediakan oleh panitia. Kami diberi waktu selama 15 menit lalu setelah selesai semua, maka hasil mind mapping dari peserta dikumpulkan. Untuk selanjutnya dinilai dan siapa saja yang konsep mind mappingnya bagus. Dipilihlah 3 orang sebagai pemenagnya.

Sesi yang paling ditunggu-tunggu berikutnya adalah penentuan Most Wanted Blog Award yang dimenangkan oleh Herva Yulyanti dan Emanuella Christianti. 


SESI PENUTUP 

Nah, sesi mas Anwari ini adalah sesi terakhir workshop kali ini. Selanjutnya dilakukan sesi penutupan dimana akan ada pemotongan kue ulang tahun BloggerCrony yang ke-3. Semua panitia BloggerCrony berkumpul di depan stage lalu memberikan sambutan dan kemudian ada tiup lilin serta potong kue dengan diiringi lagu dari Jamrut yang berjudul 'Selamat Ulang Tahun".

Kue Ultah BloggerCrony (doc: IG BloggerCrony)


Sesi pemotongan kue Ultah (doc: pribadi)


Saat lagu diputar suasana semakin seru dan ramai. Semua peserta di bagian belakang dan depan sampai maju ke depan stage mengelilingi panitia sambil bernyanyi dan bertepuk tangan. Terasa kehangatan dan kekompakan yang aku rasakan saat sesi ini. Seru dan kami semua bahagia. Turut merasakan keharuan yang mendalam bahwa BloggerCrony sudah menginjakkan usianya yang ke-3 tahun. Sebuah usia yang masih sangat muda untuk melangkah lebih maju. Semoga ke depannya BloggerCrony tetap memberikan ilmu dan manfaat kepada para anggota komunitasnya agar bisa lebih maju secara bersama-sama, bisa bekerja sama dengan dukungan dan motivasi yang kuat serta bisa menambah jiwa inovasi dan kreativitas antar anggota. Dengan adanya komunitas BloggerCrony ini para blogger di seluruh Indonesia menjadi lebih sukses dan maju. Amin3x. Acara pemotongan kue ultahnya pun menjadi sangat ramai. Akupun ikut mencicipi kue ulang tahunnya.

Sesi Foto bersama peserta dan panitia BloggerDay 2018 (doc: FB BloggerCrony)


Akhir acara yang terakhir adalah foto bersama para panitia dan peserta BloggerDay 2018 yang dibantu oleh mas Candra menggunakan Camera 360. Hasilnya sangat keren dan bagus sekali. Aku sangat terkesan sekali dengan acara BloggerDay 2018 kali ini. Rasanya waktu yang ada masih kurang bersama keseruan BloggerDay 2018. Semoga di tahun depan acara BloggerDay dari BloggerCrony bisa dilakukan dengan menginap lagi di suatu tempat. 

Tepat jam 16.00 WIB acara pun selesai, kami saling salam-salaman dan pamitan. Sekian dulu ya curhat diaryku. Sampai ketemu di BloggerDay 2019 tahun depan. Bye-Bye. 










37 komentar

Rosanna Simanjuntak mengatakan...


Terima kasih kemarin sudah sudi meminjamkan spidolnya saat sesi mind mapping ya, mbak.
Semoga bisa bertemu lagi tahun depan...

Dian Kelana mengatakan...

Busyet, reportasenya rinci banget...

Mporatne mengatakan...

asik banget baca blog mba, apalagi sekarnang ini memasuki linuran. boleh nih nginep disini sebagai referensi

Mporatne mengatakan...

Makin kesini banyak hotel yang bermunculan, asiknya bis rekreasi setelah sang ayah kerja . bisa liburan dekat dengan tempat hotel

missdapur mengatakan...

Semua bisa senang, dekat dengan tempat hiburan.Makin kesini banyak hotel yang bermunculan, asiknya bis rekreasi setelah sang ayah kerja . bisa liburan dekat dengan tempat hotel.

PutriKPM mengatakan...

Kemarin sempet mau nginep di sini, ngeliat interiornya cukup lumayan untuk level middle gini.

Btw, seru ya acara BloggerDay nya, sayang aku berhalangan hadir kemarin :')

Marga Apsari mengatakan...

Serunya baca cerita-cerita BloggerDay. Kok aku jadi tertarik buat staycation di Hotel Ashley ini yaa.

joko mengatakan...

Pengen deh kesitu kl ada event kantor

zata mengatakan...

wohooo seru dan lengkap banget liputannya nih mba Fania...

Sadewi mengatakan...

Makin sedih baca reportase bloggerday karena aku tidak bisa ikutan

Catcilku mengatakan...

Ternyata hotel tu ada jenisnya ya... :)

Laporannya panjang banget mbak, moga menang ya lombanya 😊

idfipancani mengatakan...

woooow liputannya lengkap bangeeeet. Two thumbs up!!!

Ivonie mengatakan...

acaranya seru banget mbak, sarat ilmu dan berabur hadiah ya. Bertambah teman baru juga. semoga tahun depn bisa ikutan, kemarin mendadak banget pengumuman tanggalnya sih :)

nursaidr mengatakan...

Suka sama hotel Ashley Jakarta ini. Berkelas, elegan dan pelayanan nya bagus.

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Kece banget sik hotelnya jadi pengen OOTD disana karena kemarin disana hanya punya 1 foto OOTD

mude mudrikah mengatakan...

Seru banget acaranya, sayang kmrin gk bisa ikutan.
Btwe ashley hotel ini unik ya, buat bisnis trip gitu, keren bisa membaca pangsa pasar yg berbeda.

Puspa mengatakan...

Wow komplet. Ini total berapa kata ya? kemarin aku sudah 1000 kata lebih sudah mulai kedodoran, akhirnya nulis materinya secukupnya dan sepertinya harus dibuat artikel lagi suatu saat biar lebih lengkap.

hida mengatakan...

Seru ya acaranya...seharian disana berasa kurang apalagi tempatnya cozy dan ketjeh abiss didukung peserta dan panitia yg kerja keras supaya kita semua bisa kumpul bareng..Ahhh semoga tahun depan bisa ikut lagi ya.

windhu mengatakan...

Cakep hotelnya. Aku terkesan dengan Adele dining room. Keren ya, dengan lagu-lagu adele yang diputar. Mantap...

Atisatya Arifin mengatakan...

Tempatnya emang bagus banget ya mbak. Aku di situ betah rasanya nggak mau pulang....

Sapa Dunia mengatakan...

Akses transportasi ke Ashley sangat mudah

Nurul dwi larasati mengatakan...

Seru banget acara bloggerday 2018. Hotelnya juga asyik, makanannya enak dan wifinya kuenceeeng banget.

Luana Yunaneva mengatakan...

Liputannya lengkap, mbak, ga cumaa review hotelnya :)

Lita Chan Lai mengatakan...

Sumpah, keren bgt liputannya...

Fenni Bungsu mengatakan...

Wifinya oke, lokasi strategis, seru deh

nur annisa mengatakan...

suka sama aroma sereh di hotel Ashley dan lokasi strategis banget dekat perkantoran plus tempat makan :)

wenny kumala tendean mengatakan...

aku suka banget foto2 di ashley. hehee

achi hartoyo mengatakan...

seru banget acaranya

Andiyani Achmad mengatakan...

Lengkap banget mba reportasenya, jadi berasa kayak ikutan juga

Nchie Hanie mengatakan...

Ahh masih gagal mpon baca liputan lengkap inii
Seruu abiss..kece pula hotelnyaa..

Anonim mengatakan...

Aku suka sama hotel ini karena lobbynya nyaman dan wifinya kenceng ��

Cerita Bang Doel mengatakan...

hotel yang kereen yaa mbaa..

urmilamile mengatakan...

ini keren sih acaranya, bikin gagal move on

satto raji mengatakan...

turunnya bukan dihalte tosari mbak, kejauhan. Mungkin maksudnya halte Sarinah kali ya?

Silvia Putri mengatakan...

Super Lengkap

kabarilman mengatakan...

Seru nih, baca review hotelnya, makin pengen kesini lagi deh kak

fitzata mengatakan...

jadi pengen nginep di hotel ashley deh, hehehe