Skip to main content

Menu Buka Puasa Sehat di Bulan Ramadhan


Assalamualaikum.

Bagaimana puasanya hari ini? Pasti lancar ya. Semoga saja kita semua diberi kesehatan dan kemampuan untuk melaksanakan puasa sebulan penuh.

Bagaimana dengan buka puasa kalian? Menu apa saja nih yang disediakan oleh keluarga? Tentunya setiap keluarga bervariasi dong ya dalam menyiapkan menu buka puasa. Setiap daerah dan tempat juga beragam menunya.

Buat aku sendiri, aku mempunyai menu buka puasa yang memang aku sesuaikan dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini aku lakukan demi keseimbangan hidup dan demi kesehatan. Maklumlah belakangan ini banyak banget penyakit-penyakit yang muncul akibat pola makan yang tidak sehat serta ditunjang pengaruh lingkungan seperti asap kendaraan, asap rokok, zat kimia dan lainnya. Tentunya dengan melakukan pola hidup sehat setidaknya aku bisa meminimalisir timbulnya penyakit-penyakit tersebut. Apalagi nih di bulan ramadhan, puasa menjadi salah satu tindakan detoks tubuh terhadap racun-racun yang ada di dalam tubuh. 

Sebagai penyuka pola hidup sehat, di bulan puasa pun aku membuat menu buka puasa dengan menu sehat. Mau tahu menu buka puasaku apa saja? 

Ini beberapa menu buka puasa yang aku siapkan:

1. Menu awal

Untuk menu awal buka puasa, aku selalu menyediakan air jeruk nipis hangat yaitu campuran air hangat dengan perasan jeruk nipis. Boleh diganti dengan lemon. Tergantung selera dan kesukaan masing-masing. Jeruk nipis atau lemonnya juga tergantung selera. Boleh separuhnya atau satu biji. Kalau aku pribadi biasanya satu buah jeruk nipis saja. Aku selalu menyediakan untukku dan suami. Kami wajib meminumnya di awal buka puasa.

Jeniper, buah dan jus buah


Mengapa harus minum jeruk jipis hangat? Supaya racun-racun yang ada dalam tubuh selama berpuasa dibersihkan dan dihilangkan. Jangan khawatir buat yang sakit maag atau asam lambung. Air jeruk nipis hangat ini tak akan membuat penyakit itu kambuh. Tetapi justru malah membuat sembuh. Boleh dicoba lo. Oh ya, air jeruk nipis ini juga bisa menggelontorkan kerak-kerak dan lendir yang ada di sela-sela tenggorokan dan mulut kita. Dimana kerak atau lendir itu lah yang menyebabkan terjadinya batuk dan flu. Namun dengan rutin minum jeniper insyaallah kita akan terhindar dari sakit batuk dan flu. Aku pun sudah membuktikannya selama bertahun-tahun sampai dengan sekarang.

Setelah minum jeniper barulah aku langsung makan buah. Dimulai dari makan kurma dengan jumlah ganjil. Kemudian dilanjutkan dengan makan buah-buahan. Buah-buahan yang ada biasanya aku sajikan dengan potongan-potongan kecil di sebuah piring sehingga mudah dimakan. Terkadang aku juga memvariaasikannya dengan membuat jus yaitu mencampurkan 2-3 buah-buahan dengan cara di blender. Lalu disajikan di gelas. Untuk membuat jus buah ini aku tak pernah memberi tambahan gula, susu, sirup atau madu. Cukup dengan buah-buahan yang murni saja. Cara mencampurnya tergantung dari trik kita agar terasa manis yaitu mencampurkan buah yang manis dengan yang asam atau tidak terasa manis. Misalnya pisang dengan apel, pisang dengan nanas dan kombinasi lainnya. 

Untuk menu takjil lainnya seperti gorengan, dan kue-kue sebenarnya opsional saja bagiku. Kalau aku sih jarang banget menyediakan menu takjil tersebut. Karena dengan makan buah atau jus saja sudah kenyang sekali. Jadi aku usahakan tidak lapar mata terlebih dahulu.n

2. Menu besar

Nah utuk menu besar ini maksudnya adalah menu buka puasa besar dengan makan makanan pokok. Menu ini aku makan biasanya setelah sholat maghrib.

Menu besar ( lauk-pauk, karbohidrat dan sayuran)


Menu yang aku sediakan yaitu nasi, lauk-pauk seperti ikan ayam, seafood. Kesemua lauk pauk itu aku makan sesuai selera dan menu setiap harinya berganti-ganti agar tidak bosan. Misalnya untuk lauk ayam, terkadang saya goreng dan dimakan dengan sambal, terkadang dibuat sop, dibuat soto, di garang asem ataupun resep lainnya. Jadi nggak bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja. Variasi sayu macam lauk bisa dibuat bermacam-macam. Tergantung selera dan juga kreatifitas.

3. Menu akhir.


Jus sayur


Nah menu akhir maksudnya disini yaitu menu yang aku makan setelah berbuka. Biasanya aku konsumsi setelah sholat tarawih. Menu akhir ini bisa berupa kue-kue atau makanan pendamping lainnya. Bisa juga kacang-kacangan seperti kacang mede, kacang kenari, almond dan lainnya. Lalu sebelum tidur aku usahakan membuat menu penutup yaitu jus sayuran dengan mengkombinasikan 2-3 buah sayuran. Aku rutin melakukan dan membuat menu ini setiap hari, supaya ada tambahan enzim dalam tubuhku. Selain itu keesokan harinya gampang untuk buang air besar. Tidur pun bisa nyenyak dan nyaman. 

Itu sebagian cerita menu buka puasa yang selalu aku siapkan setiap hari. Untuk menyiapkan menu buka puasa memang cukup rumit ya. Terkadang aku harus menanyakan dulu pada suami maunya makan apa. Tapi terkadang enggak rumit-rumit amat sih kalau selera kita enggak terlalu rumit. Apa saja kita makan. Betul tidak. 

Sudahkah kamu menyiapkan menu buka puasa? Share yuks menu buka puasa kalian apa saja.

Comments

Tarry Kitty said…
Ternyata Jenniper banyak khasiatnya ya mbak, Saya minumnya kalau lagi batuk aja. Di rumah Ada pohon lemon, buahnya lebat malah dijual :)
Ibuku juga justru sembuh maag nya setelah menerapkan kebiasaan minum air lemon hangat tiap pagi sebelum makan apapun. Efektif ya
Dian Hendrianto said…
kalau saya biasanya menu buka puasanya di awal pakai kolek, terus makan nasi, terus pas udah tarawih kolek lagi.. hahaha.. di awal dan diakhir kolak kelapa lagi.
Marfa U said…
Sehat banget, mbak, jadi pengin niru buat anak kos tapi rata2 yang jual ya berminyak2 gitu, paling mentok beli jus dengan 1 sendok gula, karena kalo nggak bilang 1 sendok, ada 3 kali itu ngeri liatnya :(. Aku ingin air lemon huhu.
Dian Farida said…
Wah pola hidup sehat bener nih. Jadi pingin dipraktekkin juga
Menyehatkan juga. Akhir-akhir ini, kalo aku berbuka puasa, pasti aku mulai dulu dengan konsumsi kurma yang jumlahnya ganjil sesuai syariat Islam. Habis itu, sholat Magrib, baeu "balas dendam" dengan makanan berat.

Habis itu, baru ngejus deh.
Rindang Yuliani said…
Kalau saya kurma, air hangat, makan besar, dan makan penutup. Menunya mbak Fania sehat sekali, mau nyoba juga jenniper ah.
Rani Yulianty said…
Wah, menunya sehat banget, pengen ngikutin tapi blom bisa, jeniper aku minum pas mau sahur aja, selebihnya buka puasa dengan gorengan, nggak sehat banget, khan
ruziana ina said…
klu hari biasa saya minum jeniper saat pagi hari
tp bulan puasa malah ga minum
baru tahu nih diminum di awal berbuka
klu gitu nti sy coba deh
aduuuh habis baca gini kan aku jadi pengen segera berkeluarga untuk ngerasain serunya menata menu buka puasa sehat..
kalau sekarang sih, masih Ibu yang menguasai menu makan di rumah, hahaha. tapi kan kalau aku sudah berkeluarga sendiri, aku bisa leluasa. rencananya juga maunya makan yang sehat-sehat, ya kayak gini deh. meminimalisir gorengan, memaksimalkan buah-buahan

Saya juga sudah lama mengonsumsi air jeruk nipis hangat. Di minumnya sesaat setelah bangun tidur, sebelum makan apa-apa. Alhamdulillah, jarang sekali kena flu.
Untuk berbuka puasa pun saya usahakan ada buah-buahan sebagai makanan pembuka. Baru kemudian lanjut dengan makanan berat.
Beberapa kali sudah rutin minum perasaan jeruk lemon ini, dan memang terasa ringan di badan.
Tapi karena banyak alesan, kebiasaan ini luntur.

Pingin membiasakan kembali aah...
Agar stamina selalu terjaga karena racun-racunnya terdetoksifikasi dengan baik.
Buah dan sayur mayurnya menggoda sekali, Mbak. Saya juga suka buah dan sayur soalnya. Hehe.
Tapi kalau untuk menu berbuka hingga jelang tidur, belum bisa mengatur sesehat mbak Fania, deh. Pengen :)
menu buka puasa buat aku yang awal sih biasanya air putih hangat mbak, karena walaupun puasa lebih sering hausnya, tetep aja kalau begitu buka langsung minum es ujung-ujungnya perut jadi kembung.


btw, buka dengan perasan jeruk nipis malah belum pernah kucoba, ternyata menyehatkan ya. perlu dicontoh nih hehheee
Menu Awal, menu besar dan menu akhir... Inilah terkadang orang2 bukan kurus saat berpuasa. Sebab menu buka nya penuh dgn manis2 dan makanan yg super nikmat. Setelah makan, lalu tidur...
Gemuknya cepat dech.

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Make Up Look Mustika Ratu Beauty Queen Series Untuk Acara Halal Bihalal dan Arisan Keluarga

Assalamualaikum semuanya.
Ramadhan dan Lebaran sudah lewat nih. Tapi rasanya baru kemarin dan masih terasa suasananya. Penampilan saat Ramadhan dan Lebaran bagiku sih penting banget. Terutama untuk make up, supaya wajah terlihat lebih baik dan tidak kusam. Itu sih menurut aku ya. Bukan untuk ajang pamer make up sih. Tapi lebih ke kepercayaan diri saja. Siapa sih yang nggak pengen terlihat pede dengan tampilan yang terbaik dan siapa sih yang nggak bakalan suka kalau melihat tampilan kita menarik. 
Berhubung lebaran kemarin sudah lewat dan aku belum sempat pamer make up edisi Ramadhan dan Lebaran, maka kali ini aku mau memamerkan hasil make up untuk ke acara-acara lain. Misalnya acara luar rumah seperti acara Halal Bihalal dan Arisan Keluarga. Ke acara itu pun aku usahakan untuk tetap bermake up cantik, flawless, simpel dan bagus.
TENTANG MUSTIKA RATUBEAUTY QUEEN SERIES DAN KANDUNGAN MORINGA SEED EKSTRACT
Produk make up yang aku pakai kali ini adalah produk dari Mustika Ratu yaitu Bea…