Menu Buka Puasa Sehat di Bulan Ramadhan


Assalamualaikum.

Bagaimana puasanya hari ini? Pasti lancar ya. Semoga saja kita semua diberi kesehatan dan kemampuan untuk melaksanakan puasa sebulan penuh.

Bagaimana dengan buka puasa kalian? Menu apa saja nih yang disediakan oleh keluarga? Tentunya setiap keluarga bervariasi dong ya dalam menyiapkan menu buka puasa. Setiap daerah dan tempat juga beragam menunya.

Buat aku sendiri, aku mempunyai menu buka puasa yang memang aku sesuaikan dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini aku lakukan demi keseimbangan hidup dan demi kesehatan. Maklumlah belakangan ini banyak banget penyakit-penyakit yang muncul akibat pola makan yang tidak sehat serta ditunjang pengaruh lingkungan seperti asap kendaraan, asap rokok, zat kimia dan lainnya. Tentunya dengan melakukan pola hidup sehat setidaknya aku bisa meminimalisir timbulnya penyakit-penyakit tersebut. Apalagi nih di bulan ramadhan, puasa menjadi salah satu tindakan detoks tubuh terhadap racun-racun yang ada di dalam tubuh. 

Sebagai penyuka pola hidup sehat, di bulan puasa pun aku membuat menu buka puasa dengan menu sehat. Mau tahu menu buka puasaku apa saja? 

Ini beberapa menu buka puasa yang aku siapkan:

1. Menu awal

Untuk menu awal buka puasa, aku selalu menyediakan air jeruk nipis hangat yaitu campuran air hangat dengan perasan jeruk nipis. Boleh diganti dengan lemon. Tergantung selera dan kesukaan masing-masing. Jeruk nipis atau lemonnya juga tergantung selera. Boleh separuhnya atau satu biji. Kalau aku pribadi biasanya satu buah jeruk nipis saja. Aku selalu menyediakan untukku dan suami. Kami wajib meminumnya di awal buka puasa.

Jeniper, buah dan jus buah


Mengapa harus minum jeruk jipis hangat? Supaya racun-racun yang ada dalam tubuh selama berpuasa dibersihkan dan dihilangkan. Jangan khawatir buat yang sakit maag atau asam lambung. Air jeruk nipis hangat ini tak akan membuat penyakit itu kambuh. Tetapi justru malah membuat sembuh. Boleh dicoba lo. Oh ya, air jeruk nipis ini juga bisa menggelontorkan kerak-kerak dan lendir yang ada di sela-sela tenggorokan dan mulut kita. Dimana kerak atau lendir itu lah yang menyebabkan terjadinya batuk dan flu. Namun dengan rutin minum jeniper insyaallah kita akan terhindar dari sakit batuk dan flu. Aku pun sudah membuktikannya selama bertahun-tahun sampai dengan sekarang.

Setelah minum jeniper barulah aku langsung makan buah. Dimulai dari makan kurma dengan jumlah ganjil. Kemudian dilanjutkan dengan makan buah-buahan. Buah-buahan yang ada biasanya aku sajikan dengan potongan-potongan kecil di sebuah piring sehingga mudah dimakan. Terkadang aku juga memvariaasikannya dengan membuat jus yaitu mencampurkan 2-3 buah-buahan dengan cara di blender. Lalu disajikan di gelas. Untuk membuat jus buah ini aku tak pernah memberi tambahan gula, susu, sirup atau madu. Cukup dengan buah-buahan yang murni saja. Cara mencampurnya tergantung dari trik kita agar terasa manis yaitu mencampurkan buah yang manis dengan yang asam atau tidak terasa manis. Misalnya pisang dengan apel, pisang dengan nanas dan kombinasi lainnya. 

Untuk menu takjil lainnya seperti gorengan, dan kue-kue sebenarnya opsional saja bagiku. Kalau aku sih jarang banget menyediakan menu takjil tersebut. Karena dengan makan buah atau jus saja sudah kenyang sekali. Jadi aku usahakan tidak lapar mata terlebih dahulu.n

2. Menu besar

Nah utuk menu besar ini maksudnya adalah menu buka puasa besar dengan makan makanan pokok. Menu ini aku makan biasanya setelah sholat maghrib.

Menu besar ( lauk-pauk, karbohidrat dan sayuran)


Menu yang aku sediakan yaitu nasi, lauk-pauk seperti ikan ayam, seafood. Kesemua lauk pauk itu aku makan sesuai selera dan menu setiap harinya berganti-ganti agar tidak bosan. Misalnya untuk lauk ayam, terkadang saya goreng dan dimakan dengan sambal, terkadang dibuat sop, dibuat soto, di garang asem ataupun resep lainnya. Jadi nggak bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja. Variasi sayu macam lauk bisa dibuat bermacam-macam. Tergantung selera dan juga kreatifitas.

3. Menu akhir.


Jus sayur


Nah menu akhir maksudnya disini yaitu menu yang aku makan setelah berbuka. Biasanya aku konsumsi setelah sholat tarawih. Menu akhir ini bisa berupa kue-kue atau makanan pendamping lainnya. Bisa juga kacang-kacangan seperti kacang mede, kacang kenari, almond dan lainnya. Lalu sebelum tidur aku usahakan membuat menu penutup yaitu jus sayuran dengan mengkombinasikan 2-3 buah sayuran. Aku rutin melakukan dan membuat menu ini setiap hari, supaya ada tambahan enzim dalam tubuhku. Selain itu keesokan harinya gampang untuk buang air besar. Tidur pun bisa nyenyak dan nyaman. 

Itu sebagian cerita menu buka puasa yang selalu aku siapkan setiap hari. Untuk menyiapkan menu buka puasa memang cukup rumit ya. Terkadang aku harus menanyakan dulu pada suami maunya makan apa. Tapi terkadang enggak rumit-rumit amat sih kalau selera kita enggak terlalu rumit. Apa saja kita makan. Betul tidak. 

Sudahkah kamu menyiapkan menu buka puasa? Share yuks menu buka puasa kalian apa saja.

15 komentar

Tarry Kitty mengatakan...

Ternyata Jenniper banyak khasiatnya ya mbak, Saya minumnya kalau lagi batuk aja. Di rumah Ada pohon lemon, buahnya lebat malah dijual :)

Ruli retno mengatakan...

Ibuku juga justru sembuh maag nya setelah menerapkan kebiasaan minum air lemon hangat tiap pagi sebelum makan apapun. Efektif ya

Dian Hendrianto mengatakan...

kalau saya biasanya menu buka puasanya di awal pakai kolek, terus makan nasi, terus pas udah tarawih kolek lagi.. hahaha.. di awal dan diakhir kolak kelapa lagi.

Marfa Umi mengatakan...

Sehat banget, mbak, jadi pengin niru buat anak kos tapi rata2 yang jual ya berminyak2 gitu, paling mentok beli jus dengan 1 sendok gula, karena kalo nggak bilang 1 sendok, ada 3 kali itu ngeri liatnya :(. Aku ingin air lemon huhu.

Dian farida ismyama mengatakan...

Wah pola hidup sehat bener nih. Jadi pingin dipraktekkin juga

Farhandika Mursyid mengatakan...

Menyehatkan juga. Akhir-akhir ini, kalo aku berbuka puasa, pasti aku mulai dulu dengan konsumsi kurma yang jumlahnya ganjil sesuai syariat Islam. Habis itu, sholat Magrib, baeu "balas dendam" dengan makanan berat.

Habis itu, baru ngejus deh.

Rindang Yuliani mengatakan...

Kalau saya kurma, air hangat, makan besar, dan makan penutup. Menunya mbak Fania sehat sekali, mau nyoba juga jenniper ah.

Rani Yulianty mengatakan...

Wah, menunya sehat banget, pengen ngikutin tapi blom bisa, jeniper aku minum pas mau sahur aja, selebihnya buka puasa dengan gorengan, nggak sehat banget, khan

ruziana ina mengatakan...

klu hari biasa saya minum jeniper saat pagi hari
tp bulan puasa malah ga minum
baru tahu nih diminum di awal berbuka
klu gitu nti sy coba deh

Rhoshandhayani KT mengatakan...

aduuuh habis baca gini kan aku jadi pengen segera berkeluarga untuk ngerasain serunya menata menu buka puasa sehat..
kalau sekarang sih, masih Ibu yang menguasai menu makan di rumah, hahaha. tapi kan kalau aku sudah berkeluarga sendiri, aku bisa leluasa. rencananya juga maunya makan yang sehat-sehat, ya kayak gini deh. meminimalisir gorengan, memaksimalkan buah-buahan

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Saya juga sudah lama mengonsumsi air jeruk nipis hangat. Di minumnya sesaat setelah bangun tidur, sebelum makan apa-apa. Alhamdulillah, jarang sekali kena flu.
Untuk berbuka puasa pun saya usahakan ada buah-buahan sebagai makanan pembuka. Baru kemudian lanjut dengan makanan berat.

lendyagasshi mengatakan...

Beberapa kali sudah rutin minum perasaan jeruk lemon ini, dan memang terasa ringan di badan.
Tapi karena banyak alesan, kebiasaan ini luntur.

Pingin membiasakan kembali aah...
Agar stamina selalu terjaga karena racun-racunnya terdetoksifikasi dengan baik.

Diah Kusumastuti mengatakan...

Buah dan sayur mayurnya menggoda sekali, Mbak. Saya juga suka buah dan sayur soalnya. Hehe.
Tapi kalau untuk menu berbuka hingga jelang tidur, belum bisa mengatur sesehat mbak Fania, deh. Pengen :)

Perempuan November mengatakan...

menu buka puasa buat aku yang awal sih biasanya air putih hangat mbak, karena walaupun puasa lebih sering hausnya, tetep aja kalau begitu buka langsung minum es ujung-ujungnya perut jadi kembung.


btw, buka dengan perasan jeruk nipis malah belum pernah kucoba, ternyata menyehatkan ya. perlu dicontoh nih hehheee

Pujiaman Zulfikar mengatakan...

Menu Awal, menu besar dan menu akhir... Inilah terkadang orang2 bukan kurus saat berpuasa. Sebab menu buka nya penuh dgn manis2 dan makanan yg super nikmat. Setelah makan, lalu tidur...
Gemuknya cepat dech.