Kamis, 22 November 2018

Nama Blogmu Adalah Identitasmu

Ini adalah hari ketiga nih guys. Tantangan menulis dari Blogger Perempuan Network. Nah kali ini temanya adalah tentang Nama Blog. Kenapa aku menamai blog aku dengan yang sekarang ini? Langsung saja yuks guys simak pemaparanku.

Dulu pertama kali membuat blog di Blogdetik, yang paling membingungkan dan bikin galau adalah menentukan nama blog sendiri.



Maunya sih yang benar-benar mencirikan diriku sendiri. Blog itu ibarat rumah dimana apa yang ada di dalamnya adalah interior rumah. Nah, interior rumah itulah yang kita sendiri mengaturnya supaya menarik dilihat oleh orang yang berkunjung. 

Ibarat rumah, nama blog adalah model rumah kita. Wujud rumah yang gampang dikenal oleh orang. Jadi kalau ada orang yang berkunjung, mudah dong mengenalnya. Misal nih nama blog itu ibarat alamat jalan rumah kita dengan model yang disesuikan dengan diri kita. 

Dulu pertama kali membuat blog aku namain nama samaran dan agak alay sih ya. Itupun pas lagi ngeblog di Blogdetik. Nama blogku yaitu www.funnie.blogdetik.com

Sekarang sih blog yang ini sudah nggak ada lagi. Tapi pindah ke www.faniasurya.wordpress.com. Buat yang mau baca-baca blog di awal-awal aku menulis monggo langsung ke link nya saja. 

Tapi sekarang aku punya blog baru yang sudah TLD. Ngeblognya sih di blogger.com. Nama blog aku www.faniasurya.com.

Kenapa sih pake nama Fania Surya

Awalnya agak bingung ya mau namain blog aku ini. Tadinya mau namain kayak blog awal yaitu www.funnie.com. Tapi makin lama kok kurang sreg ya. 



Setelah mengikuti beberapa event blogger, ternyata aku baru tahu, kalau untuk menamakan blog kita itu harus menunjukkan identitas diri kita. Oleh karena itu, nama blog adalah identitasmu sendiri. 

Di event blogger tersebut, aku pun mendapat ilmu bahwa nama blog itu yang mudah diingat. Akhirnya aku namakan saja blogku dari namaku sendiri.

'FANIA SURYA', inilah nama blog yang sampai sekarang aku pakai. Fania Surya adalah sepenggal kata yang aku ambil dari namaku sendiri. Sebenarnya namaku ada tiga kata. Tapi justru yang aku pakai untuk nama blog yaitu nama pada kata pertama dan ketiga. Karena terlihat lebih praktis dan lebih menjual gitu loh. Emangnya artis, pake menjual segala. Loh jangan salah aku kan cita-citanya jadi artis. Eh ngayal deh ah.

Lalu, Kenapa nggak ditulis semuanya tiga kata itu? Hmm... kepanjangan euy. Rasanya kurang menarik dan nggak hoki deh. Nggak menjual juga. Duh lagi-lagi menjual. Apalagi Kalau pakai nama pada kata pertama dan kedua. Terlalu lebih pasaran. Karena kata kedua pada namaku itu sudah banyak yang pakai. Jadi akhirnya dipakailah yang kata ketiga 'SURYA'.



Nah, menurut aku sih namaku ini masih jarang ya. Yah, mudah-mudahan saja ya. Kalaupun ada yang mirip paling nggak satu atau dua saja sih sudah cukup. Please jangan ada nama yang sama ya, biar pembaca setiaku nggak bingung. 

Inilah yang disebut personal branding sebuah blog. Akhirnya nama ini pun merembet ke sosial media yang aku miliki. Mulai dari instagram, twitter, facebook, youtube, pinterest dan akun kompasiana. Semuanya aku pakai nama yang sama dengan nama blogku. Itupun supaya personal brandingku tercipta dengan sempurna. Mudah diingat dan dieja. Yaelah. 

Apalagi kalau ada yang mencariku di mesin pencarian Google, tinggal ketik saja 'Fania Surya'. Maka semua hal yang berhubungan dengan nama itu akan langsung muncul berderet-deret. Tak hanya blog saja bahkan sosmed pun ikut muncul juga. Nggak yakin nih? Coba deh kamu ketik namaku di google. Lalu apa yang terjadi? 

Nama blog aku sih tidak terlalu spesial ya. Artinya pun tidak spesial juga. Tapi yang penting adalah isi dan manfaat dari tulisan yang aku buat. 

Salam ngeblog guys

Tidak ada komentar: