5 Tips Pola Hidup Sehat Versiku

Hidup sehat sebelum sakit, sebenarnya ini berlaku untuk siapa saja. Tak terbatas usia dan tak terbatas gender. 

Kalau mengaca dari pengalamanku, aku sudah menerapkan pola hidup sehat justru setelah sakit. Sekitar 4 tahun yang lalu mengawali hidup sehat bahkan sampai sekarang. 

Berawal dari salah diagnosa oleh dokter, sampai akhirnya diagnosa yang benar yaitu terdiagnosa kista dan harus dioperasi. Sejak itulah, aku berusaha sebisa mungkin untuk menjalankan pola hidup sehat supaya tidak sakit lagi dan menghambat pertumbuhan kista yang aku alami. 

Pola hidup sehat adalah cara menjalankan hidup supaya tubuh kita tetap sehat dengan beragam macam cara misalnya dengan menerapkan makan makanan bergizi, olahraga yang rutin, istirahat cukup dan lainnya. Aku banyak baca-baca artikel tentang pola hidup sehat seperti apa yang bisa aku terapkan supaya menghambat pertumbuhan kistaku. Akhirnya dapatlah beberapa pola hidup sehat yang cocok aku lakukan.

Baca Juga: Hidup sehat Dengan Pisang Sunpride Ala Fania

Berikut adalah 5 pola hidup sehat yang aku lakukan supaya bisa menambah kualitas hidup dan kehidupan. 

1. Menjalankan pola makan sehat 

Pola makan adalah mengatur apa yang kita makan dengan cara mempertimbangkan asupan kandungan zat gizi yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Banyak sekali ya pola makan sehat yang ada saat ini. Tinggal memilih mana yang terbaik untuk kita. 

Pola makan sehat yang aku terapkan saat ini yaitu FC (Food Combining). FC ini merupakan salah satu pola makan sehat dengan asupan nutrisi yang seimbang. Berdasarkan Wikipedia, FC adalah pendekatan gizi dengan menganjurkan kombinasi spesifik makanan sebagai pusat kesehatan yang baik (contohnya yaitu dengan tidak mencampur makanan kaya karbohidrat dan makanan kaya protein di dalam makanan yang sama). 



Aku menerapkan pola makan FC ini kurang lebih 4 tahun sampai dengan sekarang. Justru sampai dengan saat ini cocok banget nih dengan kondisi tubuh aku. Pencernaanku jadi lancar dan rutin BAB setiap hari, menstruasi jadi lancar, tidak mudah terserang sakit misal yang pada umumnya yaitu batuk dan flu, lebih cepat fit dan masih banyak manfaat lainnya. 

Intinya pada pola makan sehat FC ini adalah bukan diet, tapi menciptakan komposisi seimbang pada cara makan kita. Seperti tidak mencampur karbohidrat dengan protein hewani. Justru yang diharuskan yaitu mencampur karbohidrat dengan protein nabati atau mencampur protein nabati dengan protein hewani. Hal tersebut dimaksudkan supaya makanan yang kita mskan mudah tercerna dengan baik dan menghindari pembusukan di dalam alat cerna kita. 

Yang terpenting lagi yaitu di pagi hari saat perut kosong minumlah segelas air hangat perasan jeruk nipis/lemon ditambah dengan sarapan makan buah di pagi hari saat perut dalam keadaan kosong juga. 

Untuk siang hari dan malam hari makanlah sesaui dengan ketentuan dari pola makan sehat ini. Yang terpenting adalah lebih banyak makan sayur daripada yang lainnya. Karena justru sayuranlah yang mudah paling mudah dan cepat dicerna dengan baik oleh tubuh. Kalau penyerapan makanan oleh organ tubuh baik, maka pertahanan tubuh juga akan baik, karena terhindar dari penumpukan makanan yang akhirnya membusuk dan bisa menyebabkan penyakit. 
2. Olahraga dan beraktivitas sehat 

Selain menerapkan pola makan sehat, sebaiknya juga ditunjang dengan olahraga dan beraktivitas sehat. Olahraga artinya menggerakkan anggota tubuh kita supaya tetap aktif dan membuat tidak kaku. 

Kalau aku melakukan olahraga sesuai dengan kemampuanku misalnya berjalan kaki, lari pagi, lari di tempat, dan olahraga ringan. Karena kalau yang terlalu berat aku tidak mampu. Yang terpenting adalah tubuh bergerak aktif.



Selain berolahraga, aku juga melakukan aktivitas sehat yang bisa membuat tubuhku tetap bergerak. Aktivitas sehat ini artinya aku tak hanya diam saja tanpa melakukan aktivitas. Justru melakukan aktivitas kecil yang rutin juga termasuk bergerak aktif. Misal, melakukan pekerjaan rumah seperti ngepel, menguras kamar mandi, menjemur, masak, menyapu dan aktivitas rumah lainnya. 

Kalau di kantor jangan hanya diam di kursi saja. Sesekali naik turun tangga kantor, berjalan ke depan dan ke belakang ruangan. Yang intinya yaitu tubuh beraktivitas. Hal ini malah akan membuat tubuh sehat. 

3. Menghindari stress 

Tak dapat dipungkri, stress ini seringkali lo menghinggapi hidup kita. Tapi yang penting adalah bagaimana kita memanagenya dengan baik. Jangan sampai stress berlarut-larut disimpan, karena bias mempengaruhi daya tahan tubuh sehingga bias menimbulkan penyakit. 


Cara menghindari stress bias dengan banyak cara, misalnya beraktivitas positif, bersikap bodo amat dengan segala hal yang bibkin ruwet, baca buku, menonton film, mendengarkan music dan lainnya. 

4. Tidur berkualitas 

Nah, waktu tidur ini sangat mempengaruhi kehidupan kita juga lo. Apalagi kalau sering begadang dan pola makan tidak teratur. Otomatis deh gampang banget terserang penyakit. 


Usahakan penuhi waktu tidur yang baik yaitu selama 8 jam. Jangan begadang terus-terusan karena tidak baik. Begadang bisa mempengaruhi cara kerja organ tubuh kita lo. Kasihan kan kalau sudah waktunya istirahat malah disuruh kerja terus-terusan ya.


5. Berdoa dan berzikir 

Nah, ini adalah cara mujarab yang juga membantu pola hidup sehat kita terkabul. Setelah keempat pola hidup sehat dilakukan, saatnya untuk pasrah dengan berdoa dan berzikir kepada Allah S.W.T. 


Berdoalah yang banyak terutama tentang kesehatan dan kesembuhan. Berdoalah secara berulang-ulang supaya makin terkabul. Berzikir juga setiap hari. Selain bisa memperbaiki kualitas hidup kita, berdoa dan berzikir justru bisa mujarab lo. 

Bagaimana kawan? Sudah tahu bagaimana aku menerapkan pola hidup sehat seperti diatas. Semoga bermanfaat ya. Dan hidupmu makin berkualitas. Kalau tidak sekarang kapan lagi. Hidup sehat itu mahal lo, mahal karena kalau sakit sudah tidak bisa ngapain lagi justru menghabiskan uang. Yuks beralih ke pola hidup sekarang mulai sekarang. Mau kan?

Comments

Popular Posts