Launching Asus Zenbook 13/14/15, Laptop Tipis Penuh Kreativitas, Gaya dan Inovasi

Siapa sih yang nggak kenal brand Asus. Nama brand ini sudah melanglang buana ke seluruh dunia. Di Indonesia pun termasuk salah satu brand ngetop dan idaman banyak orang.
Asus sebagai perusahaan besar elektronik juga selalu meluncurkan produk-produk barunya setiap tahun. Mulai dari smartphone dan juga laptop. Selalu menghadirkan inovasi-inovasi yang memang dibutuhkan oleh penggunanya. Hebat kan?

Beruntung sekali untuk kedua kalinya aku diundang oleh Asus Indonesia datang ke acara peluncuran/launching produk-produk terbarunya. Yang pertama yaitu launching smartphone Asus Gaming dan Asus Max Pro. Pada tanggal 17 Januari 2019 kemarin, aku pun diundang ke acara launching Asus Zenbook 13/14/15. Bangga sekaligus senang sekali. Karena sudah lama banget aku tuh ngidam pengen diundang oleh Asus ke setiap acara launching produk barunya. Dan akhirnya impianku tercapai. Ini juga berkat blogger keren dan kece yaitu Mbak Katerina. Thanks you ya mbak undangannya. Semoga bisa dapat undangan lagi di acara-acara Asus berikutnya. Aamiin.



Berlokasi di hotel Pulmaan Centrall Park, para undangan dengan sangat antusias datang ke lokasi. Mulai dari media, blogger, youtuber juga hadir di acara ini. Tentunya dengan undangan yang berbarcode. 


Sebelum acara dimulai sekitar pukul 14.00 WIB, para undangan dipersilahkan terlebih dahulu untuk makan siang. Beragam makanan dan minuman juga sudah tersedia untuk memanjakan para tamu undangan. Bagi yang ingin melaksanakan sholat juga sudah tersedia musholla di samping ruangan. Senang sekali bisa hadir dan bertemu teman-teman sesama blogger di acara ini. Bahkan bisa bertemu teman blogger yang hanya dikenal lewat sosmed saja. Akhirnya di acara ASUS bisa kopdar langsung. Alhamdulilah menambah pertemanan yang tadinya di dunia maya saja.

Di lokasi juga tersedia photobooth 3 dimensi. Bisa berfoto sendiri, bisa juga berfoto bersama-sama. Saking banyaknya yang mau berfoto, jadi harus antri yang rapi. Hasil fotonya langsung jadi dan bisa dikirim ke alamat email masing-masing. 

Sebelum acara dimulai, para undangan dipersilahkan menuju ruang ekspedisi. Dimana disini akan menampakkan produk-produk ASUS terbaru yang akan dilaunching hari ini. Pertama kali masuk ruang ekspedisi, kita akan dimanjakan dengan display pajangan mengenai sejarah Asus Zenbook mulai dari tahun 2011 sampai dengan tahun sekarang 2019. Pameran ekspedisi Asus Zenbook ini semacam diorama ya.



Dipamerkan juga Asus Zenbook 13, 14 dan 15 di beberapa sudut ruangan. Asus Zenbook ini ada 3 warna yaitu Red Burgundy, Icicle Silver dan Royal Blue. Ruangan yang tertata rapi dengan tema angkasa sungguh sangat memukau dan keren banget buat foto-foto bersama Asus Zenbook. Disini para undangan bisa sepuasnya berfoto dengan beragam gaya.di banyak sudut. Bahkan ada display mengenai bagian-bagian dari Asus Zenbook dan spesifikasinya. Keren banget ya.



Di sudut yang lain ada juga photobooth yang bisa digunakan oleh para tamu undangan untuk berfoto ria. Setiap undangan bisa berfoto dengan 4 gaya dalam satu postcard. Tak ingin melewatkan moment seru ini, aku pun ikutan berfoto di photobooth ini. Termasuk juga berfoto sepuasnya di area pameran bersama Asus Zenbook. Kagum banget deh dengan Asus Zenbook ini. Sangat tipis, ringan dan kecil. Bisa dimasukin ke tas lagi. Keren kan. 

Sekitar jam 14.00 WIB, acara launching akan dimulai dan kami para undangan dipersilahkan masuk ke dalam ruangan acara. Terdapat panggung dengan layar yang sangat lebar. Para tamu undangan sudah disediakan tempat duduk yang disesuaikan dengan nomor kursi pada name tag masing-masing. 


Launching Asus Zenbook kali ini akan memperkenalkan 3 laptop ultra tipis terbarunya yakni ZenBook 13 (UX333), ZenBook 14 (UX433) dan ZenBook 15 (UX533). Dengan ketiga inovasi tersebut akan membuat kita semua terpukau. 

Perjalanan Asus Zenbook

Sudah 30 tahun lamanya Asus Zenbook berinovasi untuk memanjakan para pengguna dan pecinta Asus. Selama 30 tahun ini merupakan perjalanan yang cukup membanggakan. Inovasi yang diberikan pada Asus Zenbook serta kehadiran produk-produk terbarunya sampai dengan saat ini akan selalu menjadi moment yang paling dinantikan oleh penggemarnya. Berikut adalah perjalanan Asus Zenbook sampai detik ini. 

Asus Zenbook adalah brand laptop nomor 1 yang merupakan gaming notebook di Indonesia. Asus berdiri sejak tahun 1989.

Tahun 1989



Di bulan April, 4 orang enginer yang super bertalenta menemukan ASUS dan mendirikan bisnis di sebuah apartement kecil di Taiwan. 

Tahun 1990



Motherboard pertama di dunia untuk Intel 486 (ISA-486) telah dikembangkan sendiri. 

Tahun 2000



Notebook ASUS digunakan selama 600 hari di stasiun Luar angkasa MIR. Bahkan Notebook ASUS tidak mengalami kerusakan sedikitpun selama  disana. “Notebook – notebook ASUS tidak pernah mengalami kelebihan panas seperti beberapa notebook dari perusahaan lain,” menurut Sergei Avdeev, yaitu seorang astronot Rusia dalam misi luar angkasanya.

Tahun 2006



Diluncurkannya Asus Lamborghini VX Official co-branded ASUS Lamborghini laptop sebagai bentuk kerjasama dengan produsen otomotif raksasa Lamborghini Mobili. 

Tahun 2007



Diluncurkannya Asus EeePC 701 yang merupakan Notebook pertama di dunia yang diproduksi sebagai awal revolusi.

Tahun 2012



Diluncurkannya Zenbook UX21/31 yang merupakan Ultrabook pertama di dunia.

Tahun 2013



Diluncurkannya Zenbook UX301 yang merupakan 'A perfect fusion of glass and metal.'

Tahun 2014

Diluncurkannya Zenbook Pro UX501 yang merupakan Zenbook pertama dengan spesifikasi GeForce  GTX Graphics.

Tahun 2015
Diluncurkannya Zenbook UX305 yang merupakan the most awarded, best selling Zenbook.

Tahun 2016
Diluncurkan ASUS Zenbook Flip UX360 yang merupakan The first 2 in 1 covertible ZenBook.

Diluncurkan juga ASUS Zenbook (3) UX390 yang merupakan 'The world's most prestigious laptop'.

Tahun 2017
Diluncurkannya Zenbook UX430.

Diluncurkannya ASUS ZenBook Flip S UX370 sebagai  'The world's thinnest convertible laptop.

Tahun 2018



Diluncurkannya 3 buah laptop yaitu:
Zenbook Pro UX580 yang merupakan sebuah inovasi screenpad pertama di dunia.
Zenbook S: ergolift dan productivity, elegance in burgundy.
Zenbook Pro: unleash creative power.

Tahun 2019




Tahun ini merupakan tahun bersejarah yang kesekian kalinya. Dimana diluncurkanlah Asus Zenbook classic: first light at horizon.

Dengan mengusung konsep : Be free be creative, dan  Capture the moment. Notebook Asus Zenbook yang dihadirkan yaitu  notebook terkecil di dunia: Asus Zenbook 13', 14' dan 15' sebagai A true "Paper Notebook"Size Notebook

Launching Asus Zenbook 13/14/15

Selama 30 tahun teknologi Zenbook telah menunjukkan keunggulan yang tak diragukan lagi. Saat launching kemarin kini telah hadir teknologi terbaru yang mengusung tema Unleash Your Creative Vision yaitu Asus Zenbook 13/14/15.



Berikut adalah beberapa spesifikasi luar biasa yang diusung oleh Asus Zenbook 13/14/15:

1.   LID (A PART)
Asus Zenbook ini merupakan sebuah era baru dengan desain ultraportable, dan  dengan ultra-compact, dengan ukuran 14, 3% lebih kecil dari generasi sebelumnya dan merupakan salah satu laptop 13 inci terkecil di dunia.

 2. MOTHERBOARD
Main board dari Zenbook 13 ini dioptimalkan oleh Asus para pakar R&D Asus. Sehingga dibuatlah inovasi yang jauh lebih kecil daripada ukuran solusi normal, namun performancenya tetap menggunakan kekuatan intel & NVIDIA.

 3. CAMERA
Memiliki Webcam Ir 3D terkecil dengan lensa empat elemen ultrathin baru dengan kualitas gambar yang lebih tajam dan login lebih cepat, sekalipun itu berada di lingkungan yang gelap.

 4. BATTERY
Zenbook 13 memiliki baterai yang berkapasitas tinggi. Hal ini dimaksudkan supaya menciptakan keseimbangan yang sempurna antara bentuknya yang  ramping dengan usia baterai.

 5. SPEAKER
Sistem audio dari Zenbook 13 disetel dengan hati-hati oleh para ahli dari tim Asus Golden Ear dan sudah disertifikasi oleh spesialis audio harman kardon sehingga dapat dipastikan memiliki suara yang terbaik untuk semua jenis konten.

 6. ERGOLIFT
Engsel ergolift yang sangat eksklusif merupakan sebuah karya teknik yang dirancang sedemikian rupa sehingga engsel dapat tetap kuat meskipun dengan desain yang ramping. Hal tersebut juga untuk mendukung terhadap pendinginan, ergonomi dan kualitas speaker.

 7. KEYBOARD (C-PART)
Keyboardnya yang ergonomis dengan memiliki tombol chiclet besar dan panjang 1,4 mm membuat setiap keystroke dapat dilihat dengan mudah sehingga membuat nyaman saat mengetik.

 8. FAN
Memiliki baling-baling kipas kristal-cair-polimer yang sangat inovatif dengan terdiri dari 71 bilah. Hal tersebut merupakan sebuah inovasi peningkatan 40% dari desain sebelumnya. Letak fan ini berada di selubung aerodinamis yang melengkung berbentuk 3D canggih. Fungsinya bisa menggerakkan udara lebih banyak daripada sebelumnya.

 9. NUMBERPAD
Numberpad yang  terdapat pada Zenbook 13 ini sudah berinovatif menjadi touchpad dengan keypad numerik yang berukuran penuh pada laptop. Hal tersebut membuat lebih nyaman dan ringkas saat mengetik.





Hadirnya numpad virtual yang bisa diaktifkan melalui tombol khusus terutama pada ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433. Ketika tombol ditekan, numpad akan muncul di touchpad menggunakan LED khusus dan menggantikan fungsinya. Sedangkan pada ZenBook 15, tombol numpad fisik tetap dihadirkan karena dimensi laptop yang cukup besar untuk menampung tombol tersebut.

Fungsi dari NumberPad yaitu untuk memasukkan data ataupun melakukan perhitungan lewat aplikasi kalkulator.

Berikut adalah spesifikasi dari Asus Zenbook 13 UX333, Asus Zenbook 14 UX433 dan Asus Zenbook 15 UX533.






Hadirnya Asus Zenfone 13/14/15 ini menjadi sebuah teknologi yang penuh dengan kreativitas, gaya dan inovasi. Sebuah mahakarya dimana kehadiran Zenbook ini akan mampu menunjukkan sisia kreatifitas kita. Itulah sebabnya, mengapa Zenbook ini dihadirkan demi menjawab kebutuhan pengguna. Berikut alasannya:

1. Desain yang elegan dan premium

Asus Zenbook 13/14/15 ini merupakan sebuah laptop dengan desain ultraportable, chassis ultracompact, dan ultralight. Dilengkapi layar NanoEdge dengan 4-sisi tanpa bingkai, ZenBook ini merupakan laptop terkecil di dunia, bahkan lebih kecil dari A4 dan 14% lebih kecil dari generasi sebelumnya. Bezel ultraslimnya mampu untuk mengakomodasi kamera sehingga bisa memberikan pengalaman visual tanpa batas dengan screen-to-body ratio  hingga mencapai 95%.



Tampilan layar beresolusi tinggi yang tajam dan jernih untuk menampilkan visual terbaik, memiliki sudut pandang yang luas dan terang dengan warna yang akurat. Dilengkapi dengan fitur ekslusif teknologi ASUS Splendid dan ASUS Tru2Live Video demi menciptakan kenyamanan mata par pengguna.

2. Memiliki Engsel Ergolift yang ekslusif.



Hadirnya engsel ErgoLift yang eksklusif merupakan sebuah mahakarya rekayasa yang dirancang secara otomatis  untuk memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang paling nyaman. Kemiringan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja pendinginan dan audio pada laptop.

3. Menghadirkan warna yang elegan
Pada launching Asus Zenbook 13/14/15 ini, ada 3 buah pilihan warna yang bisa menjadi koleksimu yaitu warna Royal Blue yang prestigious, warna Icicle Silver yang canggih, dan warna Red Burgundy yang kontras dengan sentuhan ekstra mewah.




Warna Royal Blue yang elegan ini terinspirasi dari  keindahan matahari terbit yang berwarna keemasan di atas samudra biru tua. Warna Icicle Silver yang canggih mencerminkan warna kontras yang menakjubkan antara emas asli dan perak dari cahaya bulan.

4. Performance yang sempurna
Performance dari Asus Zenbook ini dilengkapi dengan prosesor Intel® Core i7 – 8565U dengan komponen yang berkualitas dan berperforma tinggi sehingga kita bisa mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang cepat. Untuk Zenbook 13 dan 14 sudah didukung dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX150 VRAM 2 GB / GDDR5 / Intel Ultra HD Graphics 620. Sedangkan untuk ZenBook 15 didukung oleh kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q, VRAM 2 GB / 4 GB / GDDR5 dan Intel Ultra HD Graphics 620.




Dilengkapi juga dengan Wi-Fi kelas gigabit dan teknologi ASUS Wi-Fi Master, yang mampu mengunduh dengan ultra cepat dan streaming lancar. Ditambah lagi dengan Teknologi Bluetooth® 5.0.

Ketiga laptop tersebut memiliki RAM sebesar 8GB atau 16GB dan internal memori sebesar SSD 512GB atau 256GB PCIe 3.0 x2 hingga SSD 1TB PCie 3.0 x4.

5. Battery tahan lama sepanjang hari
Kemampuan baterainya yang berkapasitas tinggi justru membuat laptop ini bisa tahan lebih lama bahkan bisa sepanjang hari. Kemampuan baterainya ini kira-kira bisa bertahan sampai 15 jam.

6. Konektifitas yang mudah





Konektifitas yang mudah menjadi andalan bagi Asus Zenbook 13/14/15 ini. Adanya port USB-C™ untuk mengkoneksikan apa pun dan mentransfer data USB 3.1 Gen 2 dengan super cepat. Dilengkapi juga dengan port USB 3.0 Tipe-A, port USB 2.0, port HDMI dan pembaca memori MircoSD.

7. Log in hanya dengan pemindai wajah.


Teknologi yang satu ini berkat dukungan adanya Windows Hello dan Cortana, sehingga kita bisa menghidupkan laptop dengan cepat dan bisa  log in hanya dengan menggunakan wajah kita karena adanya  kamera 3D Inframerah HD. Bahkan dengan perintah suara kita pun bisa berjalan.

8. Memiliki Sertifikasi Standar militer MIL-STD-810G



Dengan adanya sertifikasi standar militer MIL-STD-810G maka Asus Zenbook 13/14/15 ini akan tahan terhadap guncangan. Sehingga produk ini sangat kuat. Bahkan bisa tahan banting bila mengalami hantaman yang tajam termasuk jatuh dari ketinggian. Tahan juga dari suhu dan kelembaban yang ekstrem sekalipun.


Sebagai laptop yang paling tipis dan paling ringkas di jamannya ini, Asus zenbook ini cocok sekali untuk para pengguna yang selalu on the go, memiliki kreativitas dan mobilitas yang tinggi. Jadi tak.diragukan lagi, performa dan spesifikasinya yang luar biasa ini wajib kamu miliki. Sesuai dengan temanya 'Unleash Your Creativity Vision'.

Zenbook Series Berkolaborasi dengan Sebastian Gunawan.

Sebagai seorang designer fashion, Sebastian Gunawan sudah menghasilkan karya fashion selama 26 tahun. Kesukaannya pada fashion menjadikannya sebagai seorang designer terkenal. Sampai akhirnya terjalinlah kolaborasi dengan Asus dalam desain fashion untuk Zenbook Series.



Dalam membuat desainnya dia terinspirasi dari Zen dan mengambil motif-motif diagonal. Motif tersebut akan memberikan kesan teknologi, aktivitas dan kreatifitas. Warnanya disesuaikan dnegan warna dari Zenbook Series yang sangat elegan yaitu Red Burgundy, Icicle Silver dan Royal Blue,  sehingga menampilkan kesan berkelas dan elegan.

Hal tersebut juga ditonjolkan pada desain tas Asus Zenbook Series yang sangat ekslusif. Warna hitam dan putihnya sangat dominan dalam desain tas tersebut. Tas yang disediakan cukup terbatas. Jadi buat para pembeli Zenbook 13/14/15 bisa segera berburu lebih cepat supaya mendapat tas ekslusif dari Sebastian Gunawan juga. Siapa cepat pasti dia dapat. Bahkan buat yang ingin mendapatkan tas ini secara cuma-cuma bisa melakukan pembelian selama periode 17 Januari sampai dengan 17 Februari 2019.

Zenbook Series Berkolaborasi dengan Museum Macan.

Museum Macan merupakan sebuah museum seni modern dan kontemporer Indonesia dan internasional yang hadir sebagai wahana hiburan seni bagi warga masyarakat Indonesia khususnya Jakarta. Sebagai museum yang bertajuk seni modern dan kontemporer, akhirnya terjadilah kolaborasi antara Asus dan Museum Macan. Bentuk kolaborasi ini sebagai bentuk  kerjasama dalam bidang art dan teknologi. Itulah yang menjadikan keduanya sama-sama cocok sebagai sarana hidup yang dibutuhkan masyarakat Indonesia saat ini.



Amalia Wirjono sebagai Head of Development Museum Macan, menyampaikan antusiasnya terhadap bentuk kerjasama ini.

Nah, sudah jelas banget kan spesifikasi dari Asus Zenbook 13/14/15 ini. Untuk harganya sih disesuaikan dengan budget ya. Bisa juga kamu cek di toko-toko terdekat. Selamat berbelanja.




19 komentar

Andika Ramadhana mengatakan...

Waaahh.. keren mba, pembahasannya jelas dan super lengkap.
Laptop ini emang beneran mantap sih, saya juga ada bahas ketiga laptop ini di blog saya. Mampir juga ya mba hehe😊

Samleinad mengatakan...

Laptop Asus ini kecil dan tangguh. Keren ya

Oline mengatakan...

Salah satu laptop impian aku ini.
pengen punya krn enak dibawa kemana2

nurul rahma mengatakan...

Travel blogger kudu banget punya ini niiih
Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

Gita Siwi mengatakan...

Pas ini buat aku tenteng2 ya kemanapun perjalanan . Ringan dan stylish pula deh

Andiyani Achmad mengatakan...

ASUS di tahun 2019 keluarin notebook terkecil di dunia: Asus Zenbook 13', 14' dan 15' sebagai A true "Paper Notebook"Size Notebook. Harganya berapa mba?

Reh Atemalem mengatakan...

Red Burgundy-nya caem banget ya.
Selain warnanya aku naksir tipisnya sih, pasti enak kalo punggung ga kebeban laptop yang beratnya ampun pas jalan-jalan. :)

Silvia Putri mengatakan...

Banyak banget nih yang review, Kayanya aku mau uji coba. Ada yang mau pinjamin nggak? hahaha

Wian mengatakan...

Idaman aku juga nih mbaaaaa...
Kemarin itu sempet tanya-tanya harga untuk produk asus sblm ini. Hihi masih harus nabung dulu..

Marga Apsari mengatakan...

Keren nih ASUS yaaa, makin mantul inovasinya. Jadi penasaran sama Zenbook yang ini~~

Katerina mengatakan...

Lengkap penjelasannya. Makasih ya Mbak Fania sudah datang ke event launchingnya.

idfipancani mengatakan...

gilaaaa... ini ulasannya super duper lengkappp 😂

Wardah Fajri mengatakan...

Waaah 30 tahuuun. Waah sebastian gunawan. Gokils inovasi teruuus

Sapa Dunia mengatakan...

Azus keren, selalu update teknologi, konsumen musti ikutan update nih

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Gak menyangka usia ASUS sudah 30 tahun. Keren nih setiap tahun selalu ada inovasi dari ASUS

Sadewi Handayani mengatakan...

Ah lengkap banget sih review nya bikin aku mupeng aja, nabung ah nabung. Padahal sekarang aku juga pakai laptop asus tapi lihat ini kok mupeng yah

Satto mengatakan...

Sekarang saya pakai laptop ASUS, emang sih yang harga masih setengah harga zenbook. Jadi penasaran sama zenbooknya...
Pinjemin doong

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

ASUS Zenbook ini bikin mupeng banget ya mbak, aku pernah soalnya nih megang si Zenbook yang super ringan itu. Enak dibawanya kalau masuk dalam tas, secara aku adalah orang tipe bawa lappy dalam 1 tas tanpa bawa tas laptop lagi.

Yayat mengatakan...

Duh laptopnya bener bener bikin ngeces... ku pengen yg 13 inchi itu.. imut tipis dan performa nya luar biyasah