Skip to main content

Resep Nasi Goreng Sayuran Untuk Menu Sehat

Nasi goreng adalah menu makan yang paling banyak disukai orang Indonesia. Apalagi cara membuatnya snagat simpel banget. Tak dipungkiri lagi masakan ini adalah masakan paling terkenal yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Coba kita tengok di sepanjang jalan raya yempat kota tinggalmu, dipastikan selalu ada penjual nasi goreng yang nongkrong sebagai pedagang kaki lima bukan? Meskipun diantara mereka ada yang sesuai dnegan selera kita atau tidak.

Nasi goreng sebagai menu makanan tidak hanya ada di pedagang kaki lima saja, bahkan di restoran-restoran besar atau kecil nasi goreng selalu jadi menu utama yang ada. Ya, karena hampir kebanyakan orang kalau makan selalu mencari menu satu ini.

Termasuk dirimu sendiri nih, kalau misalnya pergi ke restoran, meakipun tersedia beragam menu yang enak-enak, tapi entahlah kenapa yang aku pilih tuh selalu nasi goreng. Saking jatuh cintanya kali ya sama nasi goreng. Tapi kalau ditraktir orang mah lain cerita dong. Meskipun di menu ada nasi goreng, aku mending milih makanan lain yang memang belum pernah aku makan dong. Supaya ada variasi makan dan nggak itu-itu saja.

Variasi nasi goreng yang disediakan terutama di kaki lima nih biasanya yaitu nasi goreng ayam, nasi goreng seafood, dan nasi goreng pete. Sedangkan aku tuh paling suka aklau makan nasi goreng diberi tambahan sayura yang banyak banget. Tapi sayur yang tersedia di pedagangnya biasanya hanya sayur sawi, kol, timun dan tomat. Itu pun aku harus pesan dulu kalau mau ditambah sayuran yang banyak. Kalau nasi gorengnya aku bawa pulang, biasanya aku tambahin lagi sayuran yang tersedia di kulkas misal timun, buncis atau selada. 

Nah, kalau masak nasi goreng sendiri, reseppun akan sesuai selera sendiri dong. Bahkan rasanya nggak kalah sama nasi goreng buatan pedagang kaki lima atau restoran. Saat bikin nasi goreng ala-ala sendiri ini aku banyakin bumbunya dan ditambahin sayurannya. Supaya sesuai dnegan pola makan sehat yang selama ini aku jalani. Jadi bikin nasi goreng itu bukan dibanyakin nasinya tapi dibanyakin sayurannya.

Kamu mau tahu nggak resep membuat nasi goreng sayuran buatanku? Nah, kali ini aku mau share ya nasi goreng sayuran ala sendiri sebagai menu sehat.



Resep Nasi Goreng Sayuran

Bahan:
Sepiring nasi putih
Satu butir telur diorak-arik
Ayam goreng sesuai selera disuir-suir atau diiris tipis
Atau ikan goreng cuek ( kadang pakai)- bisa diganti ikan lainnya
Minyak goreng
Satu buah wortel diparut
Buncis secukupnya dipotong-potong tipis
Kol secukupnya dipotong-potong tipis
Sayur sawi secukupnya dipotong sesuai selera
Pete sesuai selera
Kecap atau saos sesuai selera

Bumbu:
8 buah cabe merah
7 siung bawang putih
7 siungbawang merah
4 buah cabe rawit
Garam
Merica



Cara membuat:
1. Haluskan bumbu bisa dengan cara diulek atau diblender. Banyaknya bumbu sesuai selera. Kalau mau lebih pedas bisa diperbanyak cabe rawitnya. Kalau aku sih makin bumbunya banyak makin enak rasanya.

2. Siapkan minyak di penggorengan dan masak/ditumis bumbu sampai kuning. 

3. Masukkan nasi putih lalu aduk dnegan bumbu sampai merata.

4. Masukkan ayam goreng atau ikan goreng. Lalu aduk yang rata.

5. Masukkan telor orak arik dan aduk yang rata.

6. Masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong. Aduk rata. 

7. Setelah rata dan masak dengan rasa yang cukup lalu sajikan hangat-hangat.





Nah, resep nasi goreng sayurannya sudah selesai nih. Kamu bisa menyesuaikan dnegan selera kamu ya.

Selamat memasak dan selamat menikmati.

Comments

Evi Erlinda said…
Nasi gorengnya enak, tapi lagi puasa nih, disimpan dulu buat buka...

Makasih mbak
Aku nggak terlalu suka nasi goreng. Tapi kedua anakku suka banget. Jadilah menu sarapan dalam seminggu tuh didominasi nasi goreng terus, hahaha ... Paling aku modifikasi aja deh, hari ini pakai sayur selada dan wortel, besok pakai pakchoy dan timun. Kalau semua sayuran dimasukkan, besok-besok aku kehabisan gaya nih mau pakai sayuran yang mana, wkwkwk ...
Saya hobi nasi goreng, suka juga bervariasi ngarang sendiri.. bisa nih resepnya saya coba yaaa hehe
Leha Barqa said…
Ini mah aku bgt nih, nasi goreng sayuran. Kalau beli di luar aku suka request tambahin sayuran yg banyak. Dan di rumah juga gitu, andalan nasi goreng suami tuh enak bgt. Jd kl bikin buat aku slalu di bedain sayur nya yg banyak.
Nanik nara said…
Kalau saya kurang suka dengan nasi goreng. Karena kebiasaan dari kecil, yang dibuat menjadi nasi goreng itu adalah nasi sisa kemarin, di goreng pagi hari buat sarapan.

Kalau anak-anak saya suka makan nasi goreng, apalagi nasi goreng mawut. Nasi dicampur mie, di goreng bersama-sama.

Boleh juga nih idenya, nasi goreng, tapi tetap dengan variasi sayuran yang macamnya banyak
Jasmi Bakri said…
Nasi goreng for life!!! Apapun resepnya, nasi goreng selalu bisa diterima di lidah.. wajib coba ini resepnya
Saya juga suka banget nasi goreng
Apalagi nasi goreng bumbu rempah
Khususnya sejak saya kenal nasgor Mafia
Okti Li said…
Wah nasi goreng pete nih kalau saya bilangnya. Sekarang pete lagi berlimpah nih. Banyak dan murah. Kami di rumah makan pete semua kecuali Fahmi. Jadilah setiap pagi kami makan nasi goreng pete. Maknyus memang...
ginanelwan said…
Emang bener nih, masakan auntentik Indonesia. Saya suka jenis nasi goreng ; seafood, sambal roa, pete, ikan asin dan cakalang.
kartika said…
Aku juga suka nasgor. Sayangnya sekarang lg diet nasi putih nih. Ada resep nasgor pake beras merah gak mbak?
Anakku banget ini, kemanapaun udah milih buku menu ujung-ujungnya ya nasi goreng.
Hahahaha.

Tapi nasi goreng ini emang salah satu menu yang bisa di modif dan rasanya tetep enak.
Resepnya patut dicoba apalagi aku penyuka sayur.
Faradila Putri said…
Nasi goreng tuh emang ga pernah fail yaa. Apalagi kalau lagi buru-buru masak pagi-pagi. Apa aja yang ada bisa jadi lauknya hehehe dan enak!
Auda Zaschkya said…
Jadi pengen ikutan bikin juga, sepertinya ini simple juga. Resepnya mudah dan bahannya juga ada di rumah.
Artha Amalia said…
bumbu nasi goreng kita sama. saya juga cuma pakau bumbu sesimpel itu. tambah sayuran dan ikan juga telur... hmm enak banget
April Hamsa said…
Aku biasanya kasi sayur buat nasgor buat anakku haha, supaya mereka secara gak langsung makan sayur juga :D
Nasi goreng Indonesia itu unik2 yaaa, beda tempat beda cara bikin dan resep. Kalau di Jkt ini aku taunya nasgor kecoklatan, kalau di Surabaya tu warnanya kemerahan :D
Dian said…
Anak sulungku suka bgt sama nasi goreng..
Resep ini bisa aku coba ah, tentu skip cabenya..
Buat bekal sekolah si sulung
Rafahlevi said…
Pagi-pagi baca artikel ini. Aaghhh...aku pengen nasi goreng sarapan pagi ini. Pake sayuran, pedesin dikit.. thank you kaka resepnya 😘
Huwahhhh sehat ini.mbaaa petenya bikin aku ngiler banget ih. Mau dong coba resepnya boleh ya
Gilang said…
Aku termasuk salah seorang yang suka nasi goreng. Duh ini mah resep nasi gorengnya mantul nih, banyak bumbunya dan juga sayurannya. Secara aku sendiri kalau bikin nasi goreng cuma bawang merah aja diiris-iris ehehe. Nanti mau aku cobain resepnya mba, makasih :)
Nanik K said…
Nasi goreng menu kesukaan anak bujang kak, saya pun sering memasaknya kalau nggak capek.
Btw Kak Gilang suka pedas, ya.
Cabainya ada delapan, hehe.
Tanti Amelia said…
mana ada yaaa orang Indo menolak nasi goreng, apalagi yang "isinya" banyak - ada sayuran - bakso - ayam - bahkan kambing hahahaha

Popular posts from this blog

Mudahnya Mengganti SIM Card di Grapari Telkomsel

Gegara punya handphone baru dan gak bisa menggunakan SIM card HP lama yang ukurannya masih standar, alhasil SIM card ku ini gak bisa dipakai dan harus dipotong menjadi ukuran nano. Berhubung ingin segera saya pakai tuh SIM card akhirnya saya pergi ke counter HP untuk memotong SIM card lama. Ongkosnya sih cuma dua ribu rupiah saja. Eng ing ing. Setelah dipotong tuh SIM card, ternyata tidak terbaca di Hp yang baru karena kuningan yang ada di SIM card tidak pas peletakannya. Kemudian si Mas counter mengembalikan uang yang saya bayar tadi dan menyuruh saya pergi ke gerai Telkomsel terdekat yaitu Grapari. Yah, terpaksa deh saya harus searching dulu alamat Grapari terdekat. Grapari Telkomsel terdekat di daerahku dimana ya? Akhirnya saya menemukan Grapari terdekat yaitu di ITC Cempaka Mas, Mall Lapiazza Kelapa Gading dan Rawamangun. Langsung keesokannya saya memutuskan untuk ke Grapari Telkomsel di ITC Cempaka Mas. 
Sampai di sana siang hari  dan membuat saya kecewa, ternyata sudah tutup. K…

Gara-Gara Samsung Galaxy Gift, Saya Dapat Voucher Gratis

Bagi pengguna Samsung pastinya tahu dong ya aplikasi bawaan dari Samsung yaitu Samsung Galaxy gGift. Nah, aplikasi ini sangat saya suka karena sering memberikan kupon-kupon atau voucher gratis dari berbagai brand yang bekerja sama. Sebelumnya saya sudah pernah membahas aplikasi ini panjang lebar di link berikut. Tapi kali ini saya mau berbagi pengalaman saya selama menggunakan aplikasi Samsung Galaxy Gift.
Saya adalah pengguna smartphone Samsung. Saya pun tahu ada aplikasi ini sejak ada lomba blog tentang Samsung Galaxy Gift. Nah, daripada dianggurin, mending saya gunakan saja ya. Hampir tiap hari saya selalu dapat notifikasi tentang kupon-kupon yang bisa diambil dan digunakan. Untuk mendapatkan kuponnya pun harus mempunyai keahlian dan kecepatan sinyal, kecepatan jari dan juga kecepatan mengetahui adanya notifikasi tersebut. Bagi saya itu penting, kalau tidak,bisa-bisa saya sudah kehabisan kupon dong.
Kali ini saya hanya mau pamer saja sih. Gak apa-palah ya pamer sesekali saja. Ini …

Serunya Berburu Promo dan Diskon di Samsung Galaxy Gift Indonesia

Mendengar kata gift, apa yang terlintas dipikiranmu? Kalau dapat gift dari siapapun senang atau tidak? Tentu senang sekali bukan? Termasuk saya sendiri. Gift itu adalah sebentuk hadiah yang diberikan oleh seseorang untuk saya atau kamu. Gift biasanya diberikan sebagai bentuk kasih sayang, rasa perhatian dan cinta. Bisa dari yang lebih tua ke yang muda begitu juga sebaliknya atau dari sesama yang seumuran. Bisa juga dari suatu perusahaan kepada seseorang. Nah... bagaimana kalau gift diberikan ke saya oleh sebuah aplikasi yang saya instal di smartphone? Bisa saja dong.. trus bagaimana cara kerjanya? Giftnya bentuknya seperti apa sih?
Saya dan kamu juga kalau mendengar yang namanya gift, diskon, promo dan sejenisnya pasti mata jadi hijau kan. Udah kebelet banget untuk berburu diskon dan promo itu. Yah namanya saja manusia ya, selalu saja ingin yang gratisan dan harga murah dengan barang/sesuatu yang berkualitas oke banget. Apalagi kalau yang dipromoin itu soal makanan dan minuman maupun…