Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur Dalam Pemeliharaan Lingkungan



KBA Cengkareng Timur merupakan salah satu Kampung Berseri Astra yang terletak di Jalan Kayu Besar Dalam RW 011 wilayah DKI Jakarta, tepatnya di Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat.




Alasan kenapa KBA Cengkareng Timur ini menjadi Kampung Berseri Astra, yaitu:

1. RPTRA adalah konsep awal berdirinya KBA Cengkareng Timur

Astra Indonesia untuk menentukan sebuah kawasan termasuk ke dalam Kampung Berseri Astra, selalu melakukan mapping di semua wilayah supaya bisa menjadi kawasan yang bisa mereka bina. Tujuan dari hal tersebut yaitu membuat masyarakat peduli dengan lingkungan sekitarnya, peduli dengan apa yang ada di lingkungannya sehingga mereka mau terlibat di dalamnya. 

Pada tahun 2016, Astra Internasional mempunyai program CSR dengan membuka Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di wilayah RT 012, RW 011. Pada tahun 2017, RPTRA tersebut diresmikan dan jadilah kawasan yang ramah anak. Kemudian akhirnya kegiatan terpadu sampai dengan pembinaan direalisasikan sebagai Kampung Berseri Astra yang pusatnya di Pos RW 011, Cengkareng Timur. Sehingga diberi nama Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur. 

Dengan konsep awal yaitu dibukanya RPTRA, akhirnya kampung Cengkareng ini resmi menjadi kampung binaan Astra. 

2. Memiliki Empat pilar

Setelah Cengkareng Timur ini menjadi kawasan Kampung Berseri Astra (KBA), kegiatan-kegiatan yang ada banyak sekali dilakukan supaya kampung ini tetap aktif dan produktif dengan adanya peran serta warganya. Namun kegiatan tersebut tetap harus memegang teguh empat pilar, yakni pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan.

Melalui pilar pendidikan:

Yaitu dengan adanya dukungan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang ada di wilayah RW 011. Dukungan tersebut adalah sebagai sekolah adiwiyata. PAUD-PAUD yang ada juga dibantu dengan diberi perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan sehingga bisa menjadi sekolah yang bermutu dalam hal pengajaran dan pembelajaran. Murid PAUD menjadi nyaman dan bisa bersekolah dengan baik.

Melalui pilar kesehatan: 
Yang dilakukan oleh Astra Indonesia  yaitu dengan memberikan pembinaan kepada para kader posyandu yang ada di wilayah RW 011.  Pembinaan dimaksudkan supaya Posyandu yang ada lebih terbina dan memiliki kualitas yang bagus dalam melakukan pelayanan. Selain itu juga posyandu yang ada di sana diharapkan juga mengikuti beragam lomba yang diselenggarakan. Hal ini dimaksudkan supaya ada keinginan untuk berkompetisi dan keinginan untuk maju dalam mensejahterakan masyarakat.

Melalui pilar lingkungan dan kesehatan, keduanya ada hubungan yang erat dalam hal ini. Dengan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan teratur, maka kesehatan masyarakat akan terjaga dengan baik juga.

Melalui pilar kewirausahaan:
Hal Ini  dilihat dari adanya sejumlah hasil tanam KBA Cengkareng Timur yang berpotensi bisa dijual kembali. Dengan kegiatan tersebut bisa menciptakan pilar kewirausahaan bagi masyarakatnya.  Sehingga masyarakat bisa berkembang dan memiliki usaha sendiri. Tentunya bisa membantu perekonomian warga. 


3. Berwirausaha dengan hasil tanam

Berhubung masyarakat Cengkareng timur memiliki sejumlah tanaman yang busa dijadikan usaha seperti sayuran yang ditanam di lahan pertanian yaitu tanaman kangkung, daun bawang, pakcoy, terung ungu, pare, singkong, timun, bayam merah, lamtoro atau petai cina, dan juga oyong, mereka bisa memanfaatkan hasil tanam tersebut sebagai penghasilan dengan berwirausaha. Selain tanaman sayuran juga ada  buah-buahan seperti tomat merah dan hijau, stroberi, anggur, jagung, jeruk, cabai, dan pisang.

Tanaman hias juga bisa menjadi potensi usaha yang bagus buat masyarakat  seperti bunga sepatu, kumis kucing, keladi, dan lidah mertua. Ada juga tanaman Coleus atropurpureus atau disebut daun miana juga menjadi tanaman yang ditanam dan dijual. 

Masyarakat Cengkareng Timur memiliki potensi untuk berwirausaha sendiri, sehingga mereka bisa berkembang baik dari segi iomu maupun dari segi ekonomi. 


4. Memiliki Bank sampah.

Bank sampah saat ini lagi banyak digalakakn di banyak wilayah. Sebagai kawasan Berseri Astra, cengkareng timur juga diterapkan adanya bank sampah. Ada sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat bank sampah dengan dibagaian depannya bertuliskan "Bank Sampah Berseri".

Pelaksanaan Bank sampah ini, para nasabah diharapkan agar sebulan sekali setiap minggu keempat, datang dengan membawa sampah-sampah yang sudah dipilah dengan baik. Lalu sampah tersebut ditimbang di bank sampah. Para nasabah nantinya akan diberi barter uang yang jumlahnya tergantung dengan barang apa yang mereka bawa ke sana. Contohnya adalah kardus yang per kilonya dihargai Rp1.000.

5. Partisipasi dan antusias warga dengan beragam inovasi

Sebagai Kampung berseri Astra, masyarakat sangat antusias sekali dalam melakukan beragam inovasi. Dukungan dan motivasi sangat penting supaya masyarakat menjadi maju. 
Salah satu inovasi yang dilakukan adalah adanya sistem aquaponik yang digunakan KBA Cengkareng Timur sebagai salah satu alternatif menanam tanaman yang tidak memerlukan banyak lahan. 

Selain itu Masyarakat juga diajak untuk mengikuti beragam lomba yang diselenggarakan supaya mereka bisa mempunyai keinginannu tuk bersaing dan motivasi untuk maju. Tentunya lomba-lomba yang ada yang melibatkan semua masyarakat.

6. Mengedukasi Warga 

Sebagai KBA dari Astra, kawasan Cengkareng Timur ini mengajak  masyarakat untuk melakukan penghijauan di sekitar rumah mereka. Beragam edukasi dilakukan kepada warga supaya mereka termotivasi dengan baik. Karena tanpa edukasi, mustahil warga akan paham bagaimana menghijaukan sekitar rumahnya. 

Namun terkadang dalam melakukan usaha sendiri, ada beragam tantangan yang dihadapi oleh warganya misalnya saat menanam bibit jamur tiram mengalami gagal tumbuh. Ternyata bibit yang ada kurang bagus. Menurut Pak Sulaiman, mereka baru mengetahui jika bibir jamur tiram yang didapat kurang bagus. Alhasil, selama beberapa bulan ini warga tidak bisa menanam dan memanen jamur tiram.

Padahal, jamur tiram yang ditanam oleh warga di KBA Cengkareng Timur ini sangat diminati pembeli. Namun dengan adanya tantangan tersebut, tidak membuat masyarakat Cengkareng Timur menyerah. mereka tetap berusaha supaya bisa berhasil saat menanam tanaman sehingga mereka bisa sukses dan berhasil.

7. Dari Astra Indonesia untuk masyarakat dan lingkungan yang lebih baik lagi

Astra Indonesia menyematkan cengkareng Timur sebagai Kampung Berseri Astra tidak lain adalah agar masyarakat dan lingkungan menjadi lebih baik lagi. contohnya yaitu dengan adanya pembuatan komposter di kawasan ini  sebagai salah satu bentuk dukungan Astra Indonesia kepada warga KBA Cengkareng Timur . Masyarakat diajak untuk selalu berinovasi supaya lebih terampil.

hal lain yang dilakukan oleh Astra Indonesia yaitu memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para pengurus KBA, melakukan edukasi kepada masyarakat dengan cara-cara inovatif supaya lingkungan bisa terjaga dan lestari sehingga lingkungan menjadi lebih baik lagi. 


Kesimpulan

Astra Indonesia membentuk kawasan-kawasan binaanya dengan tujuan supaya kawasan yang ada di Indonesia ini terjaga dengan baik baik lingkungan maupun masyarakatnya. Lingkungan terpelihara dan tercipta dengan baik sedangkan masyarakat bisa berkembang, teredukasi dan bisa memiliki inovasi-inovasi sendiri.  Di kawasan Cengkareng Timur ini empat pilar yaitu pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan dijadikan pegangan dalam membina kawasan Cengkareng Timur. Selain itu Astra Indonesia juga membentuk program yang menjadi tanggung jawab sosial perusahaan. Beragam ilmu, edukasi, bahkan dukungan dari segi material diberikan dengan maksud supaya masyarakat bisa melakukan beragam inovasi membangun. Masyarakat bisa membantu masa depan Indonesia yang lebih baik lagi. 

Tidak ada komentar

Buat kawan-kawan pembaca setia blogku, Bolehkah aku minta sedekah komennya sehabis baca? Supaya jejakmu aku kenali.
Yah.. siapa tahu aku bisa blogwalking balik ke blogmu. Komenmu sangat berarti buat kehidupan blogku. *ealahapaansih.

Supaya blogku terlihat menarik kayak yang kasih komen, tolong yah jangan tinggalin link hidup.

Kecup basah buatmu. 😚😘😚