Liburan Asyik dan Hemat ke Flona 2019 Jakarta


Beberapa hari yang lalu, tepatnya weekend di hari minggu, aku pergi ke lapangan Banteng Jakarta Pusat. Ada apa ya di sana?



Kebetulan lagi weekend dan ingin jalan-jalan menikmati susana malam di Jakarta. Pergilah kami ke Lapangan Banteng. Seperti hari-hari biasanya, di Lapangan Banteng ini ada pertunjukan air mancur menari yang diputar setiap 15 menit selama lima putaran. Masuk ke sini untuk menyaksikan air mancur menari cukup gratis, nggak perlu bayar. Dimulainya jam 18.30 WIB. Ini adalah sebuah hiburan yang menarik buat warga Jakarta termasuk aku. Rasanya nggak bosan-bosan lo meskipun sering datang ke Lapangan Banteng dan menyaksikan air mancur menari.

Yap, kali ini di Lapangan Banteng cukup istimewa karena ada acara lain yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kehutanan. Jadi semakin ramai saja nih di Lapangan Banteng. Acaranya apaan tuh? Namanya Pameran Flona 2019 (Pameran Flora dan Fauna Jakarta 2019) yang diadakan di taman Lapangan Banteng Jakarta Pusat. Pameran ini diadakan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Untuk tema tahun ini yaitu "Ruang Hijau Jakartaku". Pelaksanaannya yaitu mulai tanggal 6 September sampai 7 Oktober 2019. Kali ini adalah pameran yang ke-34. Pameran pertama kali yaitu diadakan pada tahun 1971.

Dengan adanya Pameran Flona ini diharapkan masyarakat ikut dan datang untuk berinteraksi dengan flora dan fauna yang ada. Tak hanya itu, juga ada pameran dengan menampilkan produk-produk unggulan koperasi dan UKM.

Aku, suami dan sepupu datang ke lapangan Banteng ini menjelang malam. Suasana sudah sangat ramai sekali. Bahkan parkiran mobil pun penuh, sampai-sampai susah sekali mendapat parkiran mobil. Tapi akhirnya dapat juga. Nah, buat yang mau datang ke sini bawa mobil sebaiknya sorean saja karena kalau sudah malam nih parkiran penuh banget. Kalau untuk parkiran motor sih ada, tapi aku kurang tahu tempatnya.

Orang-orang yang datang rata-rata adalah warga Jakarta. Ada yang datang sendirian, ada yang bersama pasangan dan ada yang bersama keluarganya. Ramainya seperti pasar malam. Seneng deh ngeliatnya. Mungkin karena gratis kali ya jadi banyak yang datang. Apalagi ini di hari weekend.

Baca juga:
Travelling Asyik ke Floating Market Bandung dengan Pegi-Pegi

Masuk ke pintu utama kita sudah disambut dengan adanya lampion kupu-kupu. Duh, padahal pengen langsung foto di situ. Tapi, antrinya minta ampun. Banyak yang foto-foto juga ternyata.

Sambil berjalan menikmati pameran yang ada. Disini banyak tempat dan sudut-sudut yang menarik, bahkan banyak spot-spot untuk berfoto lo. Wah, pokoknya ramenya minta ampun. Jamannya suka foto-foto, semua pengunjung pun berfoto-foto. Aku pun tak mau kalah juga dong. Tapi emang aku dasarnya suka berfoto dan suka narsis sih. Hahaha. Jangan ada yang protes loh.

Aku menelusuri sepanjang pameran yang diikuti oleh 140 peserta pameran dari berbagai daerah mulai dari Jawa Barat, Jakarta bahkan dan luar Jawa. Ada juga pameran tanaman dan binatang yang dijual dengan beraneka ragam harga mulai dari harga Rp.35 ribu sampai dengan ratusan juta rupiah. Aku bahkan tergiur banget dengan adanya tanaman dan binatang yang ada disini. Ingin rasanya semua dibeli. Soalnya bagus-bagus semua sih.

Tanaman yang dijual beraneka ragam deh pokoknya mulai dari tanaman hias, tanaman semak bahkan tanaman buah. Semuanya ada disini. Tinggal pilih mau beli yang mana. Kalau binatang sih kebanyakan binatang peliharaan ya mulai dari kelinci, ayam, kucing, kura-kura, marmut, bunglon, bahkan ular juga ada. Tak hanya binatang yang dijual tapi juga ada makanan binatang dan kandangnya. Ingin beli kelincinya, soalnya lucu-lucu. Hehehe. Tapi masalahnya nggak bisa merawatnya sih. Aku nggak jadi beli deh.

                                         Stan Jakarta Pusat

Berfoto di spot kupu-kupu


Di pameran ini juga menampikan stan masing-masing daerah di DKI Jakarta mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan , Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Nah dari stan-stan yang ada nanti akan dinilai mana yang terbaik. Aku menyusuri setiap stan yang ada. Mulai dari Jakarta Pusat, stan ini bertema kupu-kupu, karena stannya didekor dengan gambar kupu-kupu. Setiap sudut stan sangat cantik dan juga menjadi spot cantik untuk berfoto. Saking ramenya lumayan antri berfoto nih. Puas-puasin deh berfoto disini. Lumayan buat tambahan konten.

Stan Jakarta Utara

Stan lampion Jakarta Utara


Lalu aku menyusuri stan Jakarta Utara, tema stan yang ditampilkan adalah dunia laut. Disini juga ada lampion-lampion laut yang bisa dijadikan spot foto. Tak kalah menarik, banyak spot-spot cantik untuk berfoto lo. Hehehe

Stan jakarta Timur

Lanjut lagi menyusuri stan Jakarta Timur, disini stannya berbentuk kereta api dan tanaman hias serta spot-spot cantik juga. Untuk stan Ragunan sudah ditutup. Jadi pengunjung tidak bisa masuk ke dalam stannya. Sayang banget ya. Berhubung di bagian depan ada spot foto dengan tanaman yang diberi lampu berbentuk rusa, aku nggak mau ketinggalan dong buat foto-foto juga. Untuk stan Jakarta Selatan ,Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu juga cantik-cantik. Paling dominan adalah banyaknya tanman-tanaman yang menjadi dekornya.

Stan Penjual tanaman

Selain menuju stan masing-mazing daerah, lanjut ke stan penjual binatang. Di sini adalah tempat menarik untuk anak-anak karena biasanya anak-anak suka dengan binatang. Untuk stan penjual tanaman juga menarik sekali.

Stan Aqua


Lalu aku pun menuju stan Aqua. Yang menarik di stan ini yaitu ada sebuah bangunan berupa terowongan yang dibuat dari bekas aqua gelas dan diberi lampu-lampu. Cantik banget deh. Spot foto yang keren disini nih. Temanya adalah Bijak Berplastik.

Padang lampion

Padang lampion 

Dan yang paling menarik lagi, ada satu spot area berupa padang lampion kupu-kupu sepanjang 20-30 meter dengan lampu warna-warni. Lampunya berbentuk kupu-kupu kecil. Wah keren deh pokoknya. Foto-foto disini mantap banget deh.

Tak hanya bisa menyaksikan pameran flona 2019, pengunjung juga bisa menyaksikan air mancur menari. Kalau ada acara-acara pameran di Lapangan Banteng ini, pasti deh pertunjukan air mancur menarinya juga ikutan ramai. Sampai-sampai amphiteaternya penuh dan desak-desakan adanya. Hahahaha.

Seru banget lo menghabiskan hari weekend di pameran Flona 2019 kali ini. Selain bisa jalan-jalan menikmati malam hari di Jakarta juga bisa hemat biaya lo. Karena masuk ke sini ini free alias bebas biaya. Hati senang, diri senang dan keluarga pun senang. Liburan hemat dan sederhana. Sudahkah kamu pergi ke Pameran Flona 2019 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat? Kalau belum, yuks datang ke sini. Sebelum 7 Oktober 2019. Tinggal seminggu lagi lo acaranya berlangsung. Jangan sampai ketinggalan lo ya.


21 komentar

Marfa Umi mengatakan...

whaaaa seruuu gratis doong hihi, bisa jadi variasi jalan-jalan nih yang lebih ke alam ya nggak hanya bangunan atau kulineran

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Waah iya, banyak spot foto yang bagus. Kayaknya kalau saya di sana juga bakalan foto-foto terus hihihi

Pertiwi Yuliana mengatakan...

Temanku waktu itu mampir juga nih ke Pameran Flora dan Fauna ini. Sempet ngajak aku juga, tapi akunya lagi sibuk sama deadline hueee. Lihat foto-fotonya cantik bangeeettttt! Gemes. Masih ada waktu nih sebelum tanggal 7, agendakan buat mampir ah~

Fandhy Achmad R mengatakan...

Pameran flona sudah berlangsung sejak th1971 dan saya baru tahu acaranya setelah baca tulisan ini..

Acaranya pasti meriah sekali, ditambah dengan HTM yg gratis, tentu akanmenarik minta warga jakarta untuk berkunjung. Beruntung sekali mbaknya bisa datang, inginrasanya kesana tapi apa daya, ada pekerjaan yg tidak bisa ditinggalkan..

Sebatas membaca pengalaman orang lain tentang flona pun padaakhirnya sudah lebihdari cukup

Dikki Cantona Putra mengatakan...

Wah banyak banget tempat lucu lucu disana untuk foto ootd sekaligus menjadi tempat untuk liburan bersama keluarga ya kak

Balita Indonesia mengatakan...

Menarik liburan disana ya mbak, bisa menyajikan sensai baru, terutama bareng keluarga. Gak harus ke tempat yang mahal-mahal juga kan.

lendyagasshi mengatakan...

Jakarta selalu jagoan kalau bikin event. Selalu menarik dan penuh inovasi, gak gitu-gitu aja gituu...
jadi para warganya juga happy.

Tika Samosir mengatakan...

Aku gak tahu nih informasi acara flona ini. Pasti seru ya mengeksplore jakarta lewat literasi alam begini. Banyak banget spot-spot foto bagus.

khairiah mengatakan...

Udah seru, gratis lagi, instragamable lagi, paket gratisan yang sayang tuk dilewatkan

Maria Etha mengatakan...

Dekat sekali ini dengan rumahku. Kelihatan sekali cantiknya walaupun di jalan saya sekedar lewat. Terimakasih berbagi ceritanya. Aku jadi pengen mampir.

windhu mengatakan...

Flona di Lapangan Banteng, adalah salah satu destinasi wajib jalan-jalan tak berbayar aku setiap tahunnya. Banyak tumbuhan dan bunga-bunga yang bisa dilihat dan dibeli. banyak spot cantik untuk foto-foto, antara lain di bagian kota-kota yang ada di Kota Jakarta, plus Kepulauan Seribu. Malamnya, bisa melihat air mancur menari diiringi lagu kebangsaan. Kalau lapar, tinggal jajan. Tulisan menarik, kakak.

samleinad mengatakan...

menarik ya tempatnya. cocok buat rekreasi & foto2, apalagi lokasinya berada di dalam kota

Catcilku mengatakan...

Yah ketinggalan deh, baru baca sih postingan ini. Padahal lagi kepingin ke lapangan banteng. Moga tahun depan bisa datang ke flona

Soraya mengatakan...

Biasanya aku rutin nih ke Flona.. Tahun ini enggak.. hikss.. mudah2an tahun depan berkesempatan datang lagi :D

Gita Siwi mengatakan...

Nah ini nih yang perlu diinformasikan ya bahwa dalam kota aja ada tempat yang buat liburan seru gratis pula dan bisa pepotooan pula. Belum pernah mampir nih. Nice info kak. Enjoy..

unggulcenter mengatakan...

wah spot selfie nih kayaknya hehe... pasti rame deh tempat2 yang terang kayak gitu sama ank2 muda maupun keluarga ya.

Endah Kurnia Wirawati mengatakan...

Dulu sewaktu masih tinggal di Jakarta selalu suka datang ke flona karena senang banget bisa melihat berbagai jenis tanaman yang dipamerkan di sana.

Sekarang acara flona jadi lebih menarik dengan banyak spot foto ya.. jadi bisa lebih banyak menarik pengunjung deh.

Wian Hermawan mengatakan...

Wah ketinggalan info nih aku.
Klo rame berarti irang jakarta kurang hiburan berupa wisata di alam terbuka ya mba. Termasuj aku nih. Semoga nect klo ada, gak ketinggalan info lagi

Irena Faisal mengatakan...

aku juga kesini ajak Kenzo lihat2 hewan peliharaan, seru banget....

Reh Atemalem mengatakan...

Kamu terlihat sangat hepi, Mba.
Seneng baca tulisannya. :)

Keramik Mozaik Tangerang Selatan mengatakan...

Wah kalo spot ini mah harus bawa temen rame-rame, rugi kalo cuman berduaan doang