Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2018

Merawat Rambut Hitamku dengan Emeron Black and Shine

Sebagai wanita berhijab, yang kesehariannya memakai jilbab saat keluar rumah, pasti rambut akan selalu tertutup oleh jilbab yang aku pakai. Terkadang nih saking aktivitasku padat dan sibuk sampai-sampai gak sempat memperhatikan kebersihan dan perawatan rambutku sendiri. Yah begitulah. Sibuk sendiri sampai-sampai lupa segalanya. 
Dulu waktu kecilku orang-orang suka sekali memperhatikan rambutku yang tebal dan hitam legam. Sebab dulu ibuku rajin merawat rambutku sejak kecil. Tahu nggak perawatan apa yang ibuku berikan? Sari Minyak kelapa. Itu rahasia terbesarku tentang rambut hitamku. Jaman dulu penggunaan sari minyak kelapa ini jarang ada. Hanya aku satu-satunya saat itu yang menggunakannya. Membuatnya pun sangat manual dan butuh ketelatenan dong. Apalagi waktu digunakan baunya cukup nggak bikin nyaman. Bahannya sih dari kelapa yang diparut lalu disangrai. Hingga menghasilkan ampas dan sari minyak. Nah sari minyak inilah yang aku gunakan waktu itu. Alhasil pemakaian setiap hari yang r…

Hal-hal yang Ditunggu Saat Bulan Ramadhan

Assalamualaikum.
Bagaimana dengan puasa hari ini? Sudah terlewati 6 hari bukan? Masih kuat? Pasti dong ya. Sebagai umat muslim wajib hukumnya menjalankan puasa Ramadhan terutama untuk yang sudah baligh.



Puasa Ramadhan kali ini bagiku selalu menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu. Karena setahun sekali pelaksanaannya.
Mengapa harus ditunggu -tunggu, ada beberapa alasan yaitu:
1. Ingin mendapatkan pahala penuh selama bulan Ramadhan. 
Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan. Dimana kita umat muslim berbondong-bondong untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Melakukan amal kebaikan dan beribadah dengan khusyuk dan penuh hikmat. Oleh karena itu, di bulan Ramadhan inilah waktunya kita berburu pahala. Bukan berarti di bulan selain Ramadhan kita tidak bisa berburu pahala ya. Hanya saja di bulan Ramadhan ini pahala akan berkali lipat bila kita melakukan segala amal kebaikan dan ibadah yang banyak. Bukankah begitu?
2. Menunggu nikmatnya waktu buka puasa dan sahur bersama keluarga.



Kapan lagi…

Menu Buka Puasa Sehat di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum.
Bagaimana puasanya hari ini? Pasti lancar ya. Semoga saja kita semua diberi kesehatan dan kemampuan untuk melaksanakan puasa sebulan penuh.
Bagaimana dengan buka puasa kalian? Menu apa saja nih yang disediakan oleh keluarga? Tentunya setiap keluarga bervariasi dong ya dalam menyiapkan menu buka puasa. Setiap daerah dan tempat juga beragam menunya.
Buat aku sendiri, aku mempunyai menu buka puasa yang memang aku sesuaikan dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini aku lakukan demi keseimbangan hidup dan demi kesehatan. Maklumlah belakangan ini banyak banget penyakit-penyakit yang muncul akibat pola makan yang tidak sehat serta ditunjang pengaruh lingkungan seperti asap kendaraan, asap rokok, zat kimia dan lainnya. Tentunya dengan melakukan pola hidup sehat setidaknya aku bisa meminimalisir timbulnya penyakit-penyakit tersebut. Apalagi nih di bulan ramadhan, puasa menjadi salah satu tindakan detoks tubuh terhadap racun-racun yang ada di dalam tubuh. 
Sebagai penyuka …

Mendeteksi Lupus Lebih Dini Dengan Saluri

Pernah mendengar penyakit Lupus? Pernah pula tahu gejala-gejalanya? Kalau aku sendiri jujur saja baru tahu nama penyakit ini. Memang bukan penyakit menular. Tapi kita tetap harus waspada dan harus lebih dini mengetahui gejala-gejala munculnya penyakit ini. Supaya dapat diatasi lebih dini. Dimulai dari diri-sendiri ya.



Beberapa hari yang lalu aku diundang oleh Kemenkes dalam acara media briefing yang membahas tentang Saluri ( Periksa Lupus Sendiri) yaitubmemahami Program Deteksi Dini Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik ( LES ). Dalam Media Briefing tersebut telah hadir beberapa pembicara dari pihak terkait yang akan memberikan informasi tentang LUPUS). diantaranya yaitu:



1. Bapak Sesditjen P2PTM Kementerian Kesehatan RI, dr Asjikin Iman Hidayat Dachlan, MHA.



2. Bapak Dr. Sumartyono, SpPD, KR, MPH, Ketua Pengguna Besar Perhimpunan Reumatologi Indonesia.



3. Ibu Tiara Savitri, penyandang Odapus.





APA ITU LUPUS?
Lupus adalah penyakit autoimun yang berarti kondisi sistem imunitas atau keke…

Dunia Perempuan: Tetap Mesra di Usia Pernikahan Yang Cukup Lama.

Usia pernikahan sudah cukup lama? Lima tahun? 10 tahun atau bahkan lebih? Apakah hal tersebut berpengaruh terhadap kemesraan suami istri? Jawabannya sih tergantung bagaimana keduanya menjalani masa-masa pernikahan tersebut.



Tak dapat dipungkiri pada masa-masa awal pernikahan baik itu di tahun pertama kedua, atau pun ketiga biasanya pasangan yang baru resmi menjadi suami istri akan selalu terlihat mesra dimanapun berada bahkan tak canggung-canggung kemesraan itu dipamerkan di publik. Maklumlah masih pengantin baru. Kemana-mana pegangan tangan, rangkulan, makan suap-suapan, masih suka memanggil dengan panggilan kesayangan seperti cinta, sayang, beb, love dan panggilan lainnya. Istilahnya pernikahan di awal tahun itu masih terasa manis bergula-gula deh. Pahitpun tak terasa. 
Tapi biasanya nih menjelang usia pernikahan 5 tahun ke atas, mulai deh pahit yang tadi tak terasa sekarang sedikit demi sedikit mulai terasa. Bahkan seringkali timbul sedikit cekcok kalau mulai tidak ada kecocokan w…

Cara Mudah Perpanjang STNK Sendiri

Untuk pertama kalinya aku melakukan perpanjangan pajak STNK sendiri karena sudah telat dari masa temponya. Akhirnya aku langsung datang ke Samsat yang berlokasi di Mangga Dua. Lokasinya pas di pinggir jalan raya dan di depan Mangga Dua Square. Mudah dijangkau dan gampang ditemukan lokasinya. Saat itu aku datang siang sekitar jam 13.00 WIB. Dengan membawa motor sendiri dan di parkir di parkiran motor Samsat. Waktu aku datang sudah tiba waktunya orang sholat jumat. Sehingga otomatis pelayanan dihentikan terlebih dahulu sampai sholat Jumatnya selesai. Beruntung sih mesjidnya masih di dalam kompleks perkantoran Samsat. Jadi buat pengunjung yang mau sholat Jumat tidak perlu jauh-jauh mencari mesjid. Sedangkan pengunjung sudah mulai banyak yang antri dan menunggu di luar gedung. Wow, ternyata jumlah pengunjung kantor Samsat ini fantastis sekali ya. 
Setelah selesai sholat Jumat, kemudian gedung dibuka. Baru deh kita pada ngantri untuk masuk. Ngantrinya berbondong-bondong kayak ngantri semb…

HIJUP dan Softex Daun Sirih, Andalan Wanita Aktif Dalam Beraktivitas

Aku selalu tertarik terhadap hal-hal yang berhubungan dengan hijab dan kewanitaan. Apalagi aku adalah wanita aktif yang sejak lama sudah menggunakan hijab sebagai penutup aurat dan kewajibanku sebagai seorang muslimah. Hijab tidak menghalangiku untuk tetap beraktivitas secara aktif. Hijab adalah sebuah kewajiban bagi wanita muslimah dimana seorang wanita harus menutup seluruh auratnya kecuali muka dan telapak tangan seperti yang disebutkan dalam Al Quran surat An-Nur [24]: 31 yang berbunyi:
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَ يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ
Artinya: Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. Wajib atas mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya.
Sebagai wanita aktif dan berhijab aku tak hanya memperhatikan dan men…